Ekonomi Digital Transaksi E-commerce
Transaksi E-commerce yang dilakukan seseorang (dok. beritagar.id)
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaNasionalTeknologi

Indonesia menjadi Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Digital Tertinggi di ASEAN

0

ENERGIBANGSA.ID – Indonesia menjadi negara dengan perkembangan pertumbungan ekonomi digital tertinggi di antara negara anggota Asean. Hal ini disampaikan Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia, Hari Santoso pada acara Bekraf Developer Day 2019 di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (22/6).

“Pada tahun 2015 hingga 2017, pertumbuhan dari ekonomi digital di Indonesia hampir 90 persen,” jelasnya seperti dikutip energibangsa.id dari CNNindonesia.com

Di tahun 2017, transaksi e-commerce yang di lakukan Indonesia mencapai US$ 8 miliar. Sekitar US$5 miliar merupakan transaksi perdagangan elektronik yang dikuasai oleh e-commerce besar seperti Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

Di balik besarnya nilai transaksi perdagangan elektronik yang dikuasai oleh e-commerce besar Indonesia, terdapat hal menarik di dalamnya. Hari mengungkapkan bahwa  jumlah US$5 miliar itu, transaksi seller dilakukan oleh perusahaan kecil yang dipimpin oleh perempuan.

Saat pergi ke beberapa daerah Magelang, Salatiga, Bengkulu dan sebagainya, dirinya menjumpai banyak ibu-ibu rumah tangga yang membuat kerajinan tangan maupun makanan  secara homemade yang kemudian dijual dengan transaksi ekonomi digital.

Hari pun menjelaskan bahwa di Indonesia yang paling banyak melakukan kegiatan melalui  ekonomi digital merupakan pelaku usaha kreatif dan pelaku usaha mikro baik kecil maupun menengah.

Sementara, di tahun 2018 sebagaimana data yang di himpun tim energibangsa, transaksi e-commerce Indonesia mencapai US$ 12,2 miliar atau setara dengan Rp. 176 triliun.

“Penting bagi kita adalah transaksi digital ini menguntungkan bangsa indonesia. Jadi, kita nantinya seperti arahan Bapak Presiden (Joko Widodo-red), ekspor barang-barang Indonesia,” terangnya.

Mengenai hal tersebut, Hari mengimbau bagi siapa saja bahwa literasi digital begitu penting dilakukan. Bekraf pun mencoba mensosaliasikannya. Salah satu caranya melalui kegiatan Bekraf Developer Day Purwokerto 2019 yang mengundang semua pelaku ekonomi kreatif di sekitaran daerah tersebut.

Menurut dia, hal itu dilakukan karena saat ini banyak pelaku kreatif yang berasal atau berada di daerah. “Hari ini, kita mengundang para programmer yang nanti diharapkan bisa membuat aplikasi yang memberikan jawaban atas problem yang ada,” ucapnya.

Melihat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang begitu pesat dan tinggi di antara negara-negara Asean tak ayal menunjukkan bahwa target yang selama ini ditetapkan oleh pemerintah telah berada di track yang benar.

Terlebih lagi dikutip dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Indonesaia, Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia, Rudiantara berharap melalui industri e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Selain itu, pada tahun 2020, pemerintah juga menargetkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia mencapai dan menjadi kekuatan ekonomi baru di dunia serta akan menjadi pemain ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Dengan capaian ini, menunjukkan bahwa banyak StartUp di Indonesia telah menjadi energi bangsa Indonesia.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Begini Cara Kominfo dan Polisi Patroli WhatsApp

Previous article

Mengenal KHQ, Air Minum dengan Kandungan Berkah Khataman Quran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.