Petani Biji pala
Petani biji pala yang memanen hasil panennya. Dok. okezone.com
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaKita Indonesia

Indonesia Kembali Ekspor Biji Pala ke Italia

0

ENERGIBANGSA.ID – Awal bulan Juni 2019, Indonesia kembali mengekspor hasil kekayaan alam nya ke luar negeri. Kali ini negara yang dituju adalah Italia. Hasil kekayaan alam yang di ekspor berupa biji pala yang berasal dari Kepulauan Siau Provinsi Sulawesi Utara.

Ekspor biji pala ke Italia ini datang menyusul permintaan dari negara tersebut terhadap komoditas pala yang cukup tinggi. Tercatat biji pala yang di ekspor Indonesia ke Italia pada bulan juni 2019 mencapai 11,3 ton.

Italia merupakan salah satu negara dari benua Eropa yang menjadi tujuan utama dan sangat tertarik dengan biji pala dari Indonesia, terutama biji pala dari kepulauan Siau Provinsi Sulawesi Utara.  Selain itu, pengeksporan biji pala ke Italia bukanlah yang pertama kali. Perdagangan dan pengiriman komoditas tersebut sudah terjalin dan terjadi beberapa tahun belakangan. Lebih dari itu antara Indonesia dan Italia mempunyai hubungan kerjasama di bidang perdagangan rempah, teh dan kopi

Ketertarikan Italia terhadap biji pala Indonesia tak lepas dari penilaian negara tersebut terhadap komoditas pala asal indonesia.  Italia menilai pala dari kepalauan Siau Provinsi Sulawesi Utara  sebagai salah satu komoditas terbaik di Indonesia . Juga masyarakat negeri spagetti sangat menyukai dan meminati biji pala tersebut, dikarenakan memiliki ciri khas tertentu yang membedakan dengan pala daerah lain.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara Jenny Karouw, sebagaimana yang dikutip energibangsa.id dari antara (14/7),  menjelaskan bahwa biji pala khususnya dari kepulauan Siau atau yang dikenal pala siau sangat diminati oleh pembeli dari eropa.

“ Sejak dulu biji pala dan produk turunannya asal Sulawesui Utara memang diminati pasar luar negeri, karena sangat banyat manfaatnya bagi masyarakat antara lain untuk rempah-rempah, rasana yang sangat khas,” tambahnya.

Hal ini semakin mengkukuhkan komoditas rempah Indonesia begitu diminati dan laris manis di pasar dunia. “ Minat tersebut ditandai dengan makin banyaknya permintaan ekspor pala dan bunganya ke berbagai negari di dunia. Ini menunjukkan mutu komoditas pala di daerah ini cukup baik, “ terangnya.

Selain itu, biji pala yang diekspor ke luar negeri juga menumbuhkan pendapatan negara khususnya provinsi sulawesi utara. Dari pengiriman nya ke italia sebanyak 11,3 ton negara mampu menghasilkan devisa sebesar 56.250 dollar AS.

Tidak hanya diminati italia

Biji pala asal Indonesia tidak hanya di minati dan di ekspor ke italia saja. Tim Energi Bangsa mencatat biji pala asal Indonesia diminati oleh beberapa negara di dunia. Untuk pasar Eropa, selain Italia terdapat Belanda, Jerman dan Inggris.  Sedangkan untuk Amerika terdapat Argentina yang menjadi pelanggan . Sementara di asia biji pala juga di ekspor ke negara Vietnam.

 “Selain Eropa dan Amerika, biji pala asal Sulawesi Utara mulai merembet diminati oleh Benua Afrika,” ungkap Jenny.

Dirinya menambahkan biji pala yang banyak diekspor ke Eropa, Amerika dan Afrika tersebut tidak hanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Sinau akan tetapi juga dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Taulud. Melihat geliat tersebut, Jenny berharap peluang ekspor tersebut dimanfaatkan petani biji pala untuk meningkatkan produksi dan kualitas agar komoditas tersebut semakin disukai masyarakat dunia.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Meski Kontroversi, PPDB Zonasi Dapat Cegah Pergaulan Negatif

Previous article

Begini Cara Kominfo dan Polisi Patroli WhatsApp

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.