Indonesia dan Rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin menerima kunjungan Presiden Indonesia, Joko Widodo, beberapa saat yang lalu. (dok. tirto.id)
Ekonomi & BisnisKabar IndonesiaNasional

Indonesia dan Rusia Tingkatkan Kerjasama Bilateral di Berbagai Bidang

0

ENERGIBANGSA.ID –Pemerintah Indonesia terus berkomitmen meningkatkan kerjasama bilateral yang saling menguntungkan dengan Pemerintah Federasi Rusia. Peningkatan kerjasama bilateral ini mencakup tiga pilar yaitu, Politik dan keamanan; Ekonomi-perdagangan-investasi; serta Sosial budaya.

Selain itu kedua pihak juga berkomitmen untuk memajukan proyek pengembangan dan investasi strategis di berbagai sektor seperti infrastruktur, energi, dan transportasi, yang melibatkan hubungan bisnis, regional dan orang-orang di kedua negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan kerjasama ekonomi kedua negara yang telah dilakukan antara lain energi, transportasi dan menyangkut strategis dalam bidang infrastruktur.

“Karena itu, kita harus memanfaatkan momentum tahun ini untuk mempercepat dan melaksanakan semua proyek yang disepakati seperti proyek transportasi kereta api di Kalimantan dan proyek energi di Jawa Timur,”ungkap Darmin saat menjadi tamu kehormatan Hari Nasional Federasi Rusia ke 27, Jumat (28/6), seperti dilansir dari laman resmi kementerian koordinator bidang perekonomian, ekon.go.id.

Sementara dalam bidang pariwisata dan seni budaya, kerjasama kedua negara juga telah terjalin baik dan kuat selama bertahun-tahun.

Terlebih, peluncuran operasional penerbangan langsung Rossiya Airlines dengan rute Moskow ke Bali telah meningkatkan jumlah wisatawan Rusia yang datang ke Indonesia hingga 24,4 persen pada Februari 2019. Hal ini berbanding dengan periode yang sama dua tahun lalu.

“Peningkatan ini, menjadikan Rusia sebagai negara Eropa terbesar kelima dengan jumlah wisatawan terbanyak yang berkunjung ke Indonesia. Kami sengat berharap bahwa penerbangan langsung ini juga akan membantu memperkuat perdagangan dan investasi serta hubungan orang-ke orang,” kata Darmin.

Selain itu, sebagaimana informasi yang diperoleh tim energibangsa.id, Indonesia dan Rusia, saat ini juga sedang aktif dalam upaya bersama untuk memperkuat stabilitas dan kemakmuran Kawasan melalui Hubungan Dialog Asean-Rusia dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur dan bersama dengan Asean serta mitra regional lainnya.

“Kami terlibat secara aktif untuk mengatasi tantangan regional dan mengembangkan cara untuk meningkatkan dan membentuk integrasi reginonal,” jelas darmin.

Dirinya juga mengatakan ketika Rusia menjadi mitra Strategis ASEAN dan Indonesia menjadi koordinator negara untuk hubungan Dialog ASEAN-Rusia tahun lalu, dirinya yakin bahwa ikatan regional Rusia dan Indonesia yang kuat akan membantu membentuk masa depan yang lebih baik untuk Kawasan ini dan untuk saling menguntungkan semua pihak.

Darmin pun percaya bahwa dengan mengambil momentum pertumbuhan antara kedua negara saat ini dapat menggali lebih banyak potensi yang belum dimanfaatkan dalam kerjasama bilateral yang disepakati di berbagai bidang.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Mendalami Tarekat dan Kelembutan Hati KH Ahmad Muthohhar

Previous article

Penting, Tipe-Tipe Stroke Mata Yang Harus Kita Ketahui

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.