fbpx
InternasionalKabar Indonesia

Indonesia Corner Sukses Tarik Perhatian Warga Polandia

ENERGIBANGSA.ID  (Semarang) — Acara Indonesia Corner  yang digelar Kedutaan Besar RI Warsawa sebagai penutup rangkaian kegiatan Indonesia Week 2020 pada hari Sabtu (29/8) menarik perhatian pengunjung.

Acara tersebut diadakan sebagai kegiatan promosi Indonesia di salah satu sudut Kota Tua Warsawa yang menjadi salah satu ikon wisata di Polandia.

“Kegiatan Indonesia Week 2020 di Polandia dan Indonesia Corner di Warsawa berjalan lancar dan sangat memuaskan,” kata Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Siti N. Mauludiah.

Dalam acara tersebut berbagai sisi dari Indonesia, mulai dari pakaian daerah, kopi, musik gamelan, makanan khas, batik, kerajinan tangan, tarian serta informasi pariwisata Indonesia pun ditampilkan.

Menurut dia, dengan adanya Indonesia Corner dan Indonesia Week mampu memberikan gambaran yang utuh dan nyata tentang Indonesia kepada masyarakat Polandia.

Mereka yang menyaksikan berbagai atraksi budaya Indonesia dan kekayaan kuliner Nusantara tampak senang dan menikmati acara tersebut.

Koordinator Fungsi Sosial Budaya KBRI Warsawa, Diyah Ramadani Agustini mengatakan salah bukti suksesnya agenda Indonesia Week 2020 di Polandia dan Indonesia Corner di Warsawa adalah jumlah pengunjung yang kian bertambah, meski masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Mereka menyampaikan apresiasi baik secara langsung kepada penyelenggara maupn melalui media sosial,” kata Diyah dilansir dari tempo.co.

Kedua acara itu, sebagaimana informasi yang diperoleh tim energibangsa.id, dapat terselenggara berkat partisipasi diaspora dan komunitas Friends of Indonesia serta liputan media, dan dukungan Pemerintah Provinsi atau Kota di Polandia dan Indonesia.

Dalam acara itu, Kelompok musisi  gamelan membawakan Gending Kebo Giro, Wilujeng, Srepegan, Jagung-Jagung, Sang Penebus, Uga-Uga, Wilujeng Mlampah, dan Arjuna Mangsah.

Selain itu, Marzanna Popawska, alumni Program Darmasiswa dari ISI Yogyakarta tahun 2005, turut memperlihatkan kebolehannya sebagai sinden dengan membawakan tembang Jawa diiringi gamelan.

Sementara itu seniman tari yang ditampilkan antara lain Eko Prawiro. Ada juga pertunjukan tarian nusantara oleh anak-anak Indonesia.

Indonesia Week direncanakan akan diadakan kembali pada tahun 2021, dengan melibatkan lebih banyak pihak dari Indonesia dan menjangkau lebih banyak publik Polandia. (Gilban/ EB)

Related Articles

Back to top button