NasionalTeknologi

Indonesia Bangun Satelit Internet Terbesar se-Asia

ENERGIBANGSA.ID – Pemerintah Indonesia melalui Menko Perekonomian, Darmin Nasution dan Menteri Kominfo, Rudiantara telah menandatangani perjanjian proyek konstruksi Satelit Multi Fungsi (SMF), yang merupakan hasil kerjasama dari Pemerintah Indonesia dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi, PT Satelit Nusantara Tiga.

Nama proyek itu bernama SATRIA (Satelit Republik Indonesia). Menteri Kominfo, Rudiantara menyebutkan bahwa satelit ini merupakan satelit internet dengan kelas 100 giga pertama di Asia.

Menkominfo mengeklaim bahwa dengan satelit ini, tekonologi informasi dan sistem transmisi data bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Menurut rilis Kominfo, teknologi ini sangat cocok untuk video conference, video call, data broadcasting, tele-medicine, tele-education, dan berbagai kegiatan komunikasi digital yang membutuhkan transmisi data besar.

“Tujuannya adalah untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah, terutama untuk peningkatan layanan di daerah 3 T. (Tertinggal, Terdepan, Terluar),” jelasnya pada EnergiBangsa

Bangsa Indonesia pantas berbangga karena selain pertama dan terbesar di Asia, satelit SATRIA ini juga merupakan nomor lima terbesar di dunia.

“jika (proyek SATRIA) sesuai target, maka proyek ini akan rampung pada tahun 2020,” lanjutnya.

Berdasarkan rilis Kominfo, proyek Satelit SATRIA ini akan menelan anggaran sebesar 21 triliun untuk masa aktif penggunaan selama 15 tahun.

“selain meningkatkan posisi Indonesia di mata dunia, hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam membangun infrastruktur komunikasi,” pungkas Rudiantara.

Semoga proyek ini menjadi energi bangsa dalam membangun kinerja positif untuk Indonesia. (red)


Related Articles

Back to top button