fbpx
DaerahInspirasi Bangsa

Imbas Pandemi, Mantan Mekanik Ini Kreatif Bikin Bengkel Online

ENERGIBANGSA.ID (Sidoarjo) — Pandemi virus corona atau COVID-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia telah membuat siapa saja harus berpikir kreatif.

Adanya virus tersebut menyebabkan ekonomi sebagian negara di dunia menjadi luluhlantah. Ancaman resesi ekonomi pun tak mampu dielakkan dan ada didepan mata.

Termasuk  Indonesia, salah satu negara yang kini berada dijurang resesi ekonomi dunia.

Baca Juga : Nonton Film Dirumah Gratis Saat Pandemi, Berminat? Berikut Caranya

Banyak para ahli yang sudah memprediksikan pertumbuhan ekonomi di kuartal III tak akan bisa menanjak ke arah positif dan tetap berada di minus 3 persen.

 Namun tak lantas semua itu membuat kita harus pasrah dan menyerah begitu saja. Kita tetap harus bertahan dengan segala kondisi yang ada.

Salah satu cara yaitu dengan memutar otak menemukan berbagai cara. Meski ancaman ekonomi yang melemah dan gelombang PHK dimana-mana

Seperti hal yang telah dilakukan sejumlah mantan mekanik di Sidoarjo ini. Yang turut terkena imbas dari loyonya ekonomi dan daya beli masyarakat.

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan sumber daya manusia yang dimiliki. Mereka membuat bengkel online, sebagai suatu usaha untuk tetap bertahan serta beradaptasi dengan kondisi baru saat ini.

Zahlul Yussar , Penggagas Bengkel Online, menjelaskan bahwa bengkel online itu dibuatnya dengan bekal keterampilan selama berkerja di sejumlah tempat perbaikan mesin kendaraan roda dua

Dari situlah maka tercetus untuk dibuat sebuah aplikasi. Di mana para pemilik roda dua dapat melakukan perbaikan kendaraan mereka di rumah selama 24 jam.

bengkel online
Tangkapan layar dari bengkel online yang digagas oleh para mekanik bengkel di sidoarjo. (sumber: Okezone.com)

Menurutnya, dengan peluncuran aplikasi ini, para mantan mekanik motor dapat menampung keterampilan roda dua atau bahkan bisa menambah penghasilan mekanik di luar pekerjaan tetap mereka sebagai mekanik motor.

“Bahkan melalui aplikasi ini diharapkan dapat mengurai kerumunan warga yang tengah mengantre di pusat-pusat bengkel roda dua guna pencegahan penularan COVID-19,” tuturnya.

Dalam pemesanannya pun bisa dikatakan terbilang cukup mudah. Para konsumen hanya memasukkan keluhan yang dirasakan pada motor mereka.

Kemudian didalam aplikasi tersebut telah disediakan kolom berupa merek motor, tahun pembuatan, sejumlah persyaratan lain serta alamat konsumen.

Hal ini dimaksudkan agar para mekanik yang akan melakukan perbaikan dapat membawa peralatan yang sesuai dengan keluhan yang disampaikan oleh konsumennya.

Baca Juga : Hadapi Masa Pandemi, Menaker Serahkan Bantuan ke Petani Magelang

Bahkan dalam sistem pembayarannya pun tidak terlalu ribet. Aplikasi ini dapat menggunakan sistem daring, tanpa harus melakukan pembayaran kepada para mekanik.

“Tidak saja dapat melayani di rumah konsumen, mekanik online ini juga dapat melayani konsumen dalam kondisi darurat seperti saat motor mogok di jalan,” ujarnya dilansir tim energibangsa.id dari okezone.com.

bengkel online
Potret tatkala para mekanik dari bengkel online datang ke rumah konsumennya untuk melakukan perawatan motor. (sumber: okezone.com)

Sebenarnya konsep aplikasi bengkel online ini sendiri sudah dipersiapkan dan dikembangkan jauh-juah hari.

Yaitu empat tahun yang lalu. Ketika virus corona belum ada dan menerjang seluruh dunia.

Aplikasi bengkel online sedari awal sengaja diluncurkan untuk melayani warga masyarakat yang tengah mengalami kerusakan pada kendaraan roda dua mereka di masa pandemi seperti saat ini.

Bahkan para konsumen dapat memesan mekanik ataupun kebutuhan lainnya secara daring, kapanpun dan dimanapun selama 24 jam.

Kini para konsumen tak perlu merasa khawatir lagi untuk keluar rumah demi perawatan motor mereka.

Cukup dirumah saja dengan nyaman, mereka akan mendapatkan servis yang memuaskan perawatan motor mereka dari aplikasi bengkel online. (Gilban/EB)

Related Articles

Back to top button