Ragam Bangsa

Ilmuwan Klaim Temukan 24 Planet Baru Layak Huni, Mau Pindah Sini?

SEMARANG, energibangsa.id – Ahli Geobiologi dari Washington State University (WSU) dalam sebuah studi In Search for a Planet Better than Earth mengatakan jika mereka telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 24 exoplanet yang diduga memiliki potensi untuk lebih layak dihuni daripada bumi.

Hal tersebut didapatkan oleh tim gabungan ilmuwan yang dipimpin oleh Dirk Schulze-Makuch, setelah mengacu pada data dari misi Kepler. Planet-planet tersebut yang dianggap sudah layak huni itu diperkirakan memiliki kondisi yang lebih cocok dalam menopang kehidupan dengan jangka waktu yang lebih panjang daripada Bumi.

Dalam penemuan tersebut Makuch menduga jika 24 planet tersebut dapat dihuni lebih dari 100 tahun cahaya. Selain itu hasil penemuan tersebut juga dapat membantu untuk memfokuskan program-program pengamatan planet yang diantaranya ada James Web Space Telescope NASA, Observatorium Luar Angkasa LUVIOR, dan juga teleskop European Space Agency’s PLATO.

“Terkadang sulit untuk menyampaikan prinsip planet yang dapat dihuni karena menurut kami kita memiliki planet terbaik (Bumi),” kata Makuch mengutip dari New Atlas.

“Kami memiliki banyak sekali bentuk kehidupan yang kompleks dan beragam, serta banyak mampu bertahan di lingkungan ekstrem. Hal tersebut bagus untuk memiliki kehidupan yang dapat beradaptasi, tetapi bukan berarti hal tersebut menunjukan bahwa kami memiliki yang terbaik dari segalanya,” tambahnya.

Sebanyak 24 planet diambil dari 4.000 Exoplanet Object of Interest. Arsip tersebut dipilih setelah dianggap memiliki beberapa sifat yang memungkinkan mereka untuk lebih mampu mempertahankan kehidupan.

Membutuhkan serangkaian kriteria agar suatu planet dapat dianggap memenuhi syarat sebagai planet yang memiliki potensi untuk dihuni. Kriteria tersebut mencakup dari aspek usia planet yang berkisar 5 miliar dan 8 miliar tahun.

Sementara umur Bumi berkisar 4,5 miliar tahun dan berada di dalam zona layak huni bintang yang memiliki air. Para ilmuwan juga mencari bintang berumur panjang yang lebih dingin dari matahari kita.

Untuk membuat sebuah planet menjadi lebih layak huni tergantung dari posisi mataharinya. Asumsi umumnya adalah bahwa orbit berada di sekitar bintang tipe-G seperti matahari akan menjadi pilihan tempat terbaik.

Meski demikian terdapat masalah yang lebih besar untuk dihadapi, yakni semua kandidat planet tersebut memiliki jarak yang terlalu jauh untuk dijangkau, yakni 100 tahun cahaya. Kriteria yang ditentukan adalah yang tidak terlihat persis seperti Bumi namun tetap bisa menjadi lokasi kehidupan yang mengagumkan.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button