fbpx
Nasional

IKSAB TBS dan ROHMAYA Programkan Tahsin-Tashih Demi Lestarikan Sanad Qiraah

JAKARTA, energibangsa.id—Pesatnya perkembangan elektronik belakangan ini sangat membantu para pencari ilmu. Berbagai informasi mudah didapatkan, bahkan sangat cepat diakses.

Sayangnya, kemajuan teknologi ini ternyata menimbulkan anomali. Di saat berbagai informasi sangat mudah diakses, justru literasi keilmuan malah mengalami kemunduran yang cukup signifikan.

Di satu sisi, informasi dan pengetahuan sangat cepat tersebar melalui media elektronik.

Namun di sisi lain, orisinalitas keilmuan menjadi terabaikan karena semua orang cukup mengandalkan informasi yang didapatkan di media elektronik.

Dahulu, Rasulullah SAW dan para sahabat menerapkan standar yang sangat tinggi dalam mentransmisikan ilmu pengetahuan.

Salah satunya adalah melalui metode syafahi, di mana murid mendapatkan pengetahuan langsung dari guru secara lengkap dari awal sampai akhir.

Sehingga orisinalitas dan otentikasi keilmuan dapat dipertanggungjawabkan.

Metode transmisi keilmuan langsung secara syafahi ini yang biasa kita sebut dengan sanad keilmuan.

Di mana, seorang santri belajar langsung kepada gurunya tanpa terputus dari awal hingga selesai.

Sehingga informasi dan pengetahuan yg didapat tidak terkontaminasi dg informasi dari pihak luar.

Terutama tidak menimbulkan multitafsir dan bias pemahaman.

Program di wilayah Jabodetabek

Beranjak dari fenomena kemunduran tradisi sanad keilmuan di masyarakat kita sekarang itulah, IKSAB (Ikatan Santri Abiturien) TBS bersama dengan ROHMAYA (Robithoh Hufaadzh Li Ma’had Yanbu’ul Qur’an) Jabodetabek menginisiasi program Tahsin dan Tashih tilawah.

Program ini dimaksudkan untuk membuka jalan bagi para santri dan masyarakat umum agar selalu mentradisikan sanad keilmuan.

Di mulai dari Tashih bacaan Al-Qur’an, yang merupakan pedoman hidup umat manusia diharapkan akan dapat membentuk budaya sanad pada seluruh ilmu pengetahuan.

Program Tashih dan tahsin tilawah ini dilaksanakan bergandengan dengan kegiatan rutin Majelis Simaatul Quran PP IKSAB TBS yang dilaksanakan setiap hari Ahad.

Sasaran utama dari kegiatan ini adalah santri TBS dan seluruh masyarakat.

“Ini adalah bagian kecil dari usaha IKSAB TBS dan ROHMAYA dalam rangka berkhidmah untuk umat. Sebagaimana kalimat spirit hidup develop the winning edge. Small differences in your performance can lead to large differences in your results,” tutur HM. Haidar Ulinnuha Ketua Umum PP IKSAB TBS.

Sekecil apapun perubahan yang Anda lakukan asalkan ke arah yang lebih baik akan membantu hidup Anda menjadi lebih baik.

Dengan melakukan perubahan kecil secara rutin dan dengan usaha yang tulus akan membuat sebuah perubahan yang besar pada kehidupan Anda dibandingkan tidak melakukan perubahan sama sekali.

Ingat bahwa sekecil apapun tindakan yang membuat kehidupan Anda semakin positif akan membawa dampak besar di masa depan. (*)

Related Articles

Back to top button