fbpx
Kabar Daerah

Ijin BPOM Clear, Vaksin Sinovac Siap Menyebar di Jateng

SEMARANG, energibangsa.id—Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bakal segera mendistribusikan vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan setelah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

“Kami sudah siap semuanya. Jadi begitu BPOM mengeluarkan izin maka Dinkes tinggal menyebarkan (mengedarkan vaksin). Sebenarnya rantai dingin sampai ke tingkat Puskesmas di Jawa Tengah sudah siap semua,” kata Ganjar usai rapat koordinasi sosialisasi vaksin dengan Menteri Kesehatan secara virtual di Rumah Dinas Puri Gedeh, Semarang, Senin (11/1/2021).

Tiba sejak awal bulan

Ganjar menyebut sejak awal Januari 2021 ini, 62.560 dosis vaksin telah tiba di Jateng. Sejak saat itu, vaksin Covid-19 itu disimpan di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi Jateng sembari menunggu izin penggunaan atau EUA dari BPOM.

“Kita tinggal men-deliver saja, kemarin kita hanya menunggu izin BPOM karena kalau terlanjur dikasih ke sana (kabupaten/kota) terus sampai sana masih belum ada izin kita khawatirkan perawatannya nanti berbeda-beda,” jelasnya.

“Jadi kita keep (simpan) dulu di sini karena peralatan bagus. Begitu izin ini keluar maka langsung kami siapkan (pendistribusian),” sambung Ganjar. (*)

Related Articles

Back to top button