fbpx
Nasional

Ibu Kota Negara Baru, Ini yang Diinginkan Presiden Jokowi

JAKARTA, energibangsa.id— Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR  Supratman Andi Agtas mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghendaki pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Ibu Kota Negara segera berjalan.

“Nah presiden menginginkan ini harus segera jalan,” kata Supratman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (24/3), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Supratman menyatakan pemerintah akan menyerahkan naskah akademik dan draf RUU Ibu Kota Negara ke pimpinan DPR.

“Terkait dengan penyerahan secara resmi pemerintah langsung menyerahkan ke pimpinan DPR. Soal nanti AKD mana yang membahas itu tergantung pada Bamus untuk melakukan itu,” katanya.

Jadi program prolegnas 2021

Supratman tak ambil pusing sejumlah fraksi masih belum setuju RUU Ibu Kota Negara masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

Menurutnya, masalah saat ini hanya soal percobaan.

RUU Ibu Kota Negara menjadi salah satu dari 33 RUU yang masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021.

Draf RUU IKN sudah diatur sejak Juni 2020. Dalam draf RUU IKN yang diatur secara rinci tentang penataan ruang dan lingkungan hidup.

Masalah lingkungan di Kalimantan Timur darurat untuk menjaga.

Mengenai draf dan keberadaan surat presiden (surpres) RUU IKN tersebut ketika itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad tidak memberikan tanggapan.

Sementara itu, Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi menyatakan bahwa draf RUU IKN belum masuk ke DPR.

Tetap berjalan

Di sisi lain, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan proyek ibu kota baru akan tetap berjalan pada tahun ini.

Ia memastikan pihaknya mulai membangun gedung Istana Negara tahun ini.

“Kita optimistis, mudah-mudahan Istana Presiden bisa di-ground breaking (mulai dibangun) pada tahun ini,” kata Suharso saat rapat kerja bersama Komisi XI DPR, Rabu (17/3/2021).

(*)

Related Articles

Back to top button