fbpx
Nasional

HUT TNI Ke-75 Dilaksanakan Daring, Jokowi Jadi Pemimpin

SEMARANG, energibangsa.id – Tanggal 5 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sama seperti sebelumnya, hari ini (5/10) TNI merayakan hari jadinya yang ke-75. Bedanya, tahun ini acara Peringatan HUT Ke-75 TNI dilaksanakan secara virtual  akibat pandemi COVID-19.

Upacara HUT TNI dilakukan di Istana Negara dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu upacara turut dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD; dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Upacara dilaksanakan secara terbatas,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil dalam keterangannya, Senin (5/10) dikutip dari Kompas.com.

Selain itu upacara peringatan ini tampak diikuti pula oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Upacara yang disiarkan live melalui YouTube Sekretariat Presiden ini diawali dengan mengheningkan cipta dan dilanjutkan pembacaan Sapta Marga.

Sebelumnya, dilansir tim energibangsa.id dari akun instagram resmi milik Presiden Jokowi, ia menyatakan apresiasi TNI atas berbagai peran TNI, terutama saat melawan pandemi COVID-19.

“Seluruh dunia, termasuk kita di Indonesia, kini berkubang dalam perang melawan COVID-19, musuh tak kasatmata yang memorak-porandakan hampir semua tatanan kehidupan,” tulis Jokowi.

“Di tengah suasana itu, kita patut memberi apresiasi yang tinggi kepada Tentara Nasional Indonesia atas berbagai perannya: dari membantu mendisiplinkan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, ikut menegakkan aturan di daerah-daerah yang menerapkan PSBB, sampai menjalankan operasi kemanusiaan dalam upaya menghentikan penyebaran virus COVID-19,” tambahnya.

Sebagai penutup Jokowi mengucapkan selamat kepada TNI dan berharap TNI tetap menjadi tentara yang profesional sekaligus menjadi kebanggaan rakyat.

Di Tahun ini, HUT Ke-75 TNI mengambil tema “Sinergi Untuk Negeri. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button