Pendidikan

HUT ke-30 Planologi FT UNDIP Gelar Seminar Internasional 2022 Pada 14 Mei Mendatang

SEMARANG, energibangsa.id – Rangkaian HUT ke-30 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro menyelenggarakan sejumlah acara di antaranya Seminar Internasional 2022 bertajuk “DEVELOPMENT OF SUSTAINABLE CITIES IN INDONESIA: MULTI-SECTORAL PERSPECTIVES TOWARDS ACHIEVING PROSPERITY & SELF-RELIANCE”.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Planologi Undip Mohammad Saleh ST, Men., mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari serangkaian kegiatan acara dalam rangka memperingati HUT ke-30, yang mengusung tagline “30 tahun Planologi Bersinergi”.

30 Tahun Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota dimaknai dapat menunjukan semangat untuk berkesinambungan dengan isu-isu perencanaan secara global dan berpadu dengan seluruh aktor untuk merumuskan sebuah implementasi keilmuan perencanaan yang komprehensif.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian kegiatan dalam rangka 30 tahun Planologi Undip. Kegiatan-kegiatan lain akan segera menyusul, puncaknya pada bulan September 2022 mendatang,” ungkapnya.

Saleh yang juga Ketua Komisi A DPRD Jawa Tengah ini menambahkan, Kegiatan Seminar Internasional 2022 ini merupakan kolaborasi antara Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, Ikatan Alumni PWK, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP) sebagai bentuk kerja sama seluruh elemen dari pihak departemen, mahasiswa, serta alumni.

Acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2022 Pukul 09.00 WIB secara hybrid yang bertempat di Ruang Teater, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro dan melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan ini terbuka untuk umum, tidak hanya terbatas bagi civitas akademik di lingkungan Universitas Diponegoro.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti International Seminar 2022 dapat mendaftar melalui link https://bit.ly/Seminar30thPWKUndip

Dilansir dari ft.undip.ac.id, tema yang akan diusung dalam Seminar Internasional 2022 adalah “Development of Sustainable Cities in Indonesia: Multi-sectoral Perspectives Towards Achieving Prosperity & Self-Reliance”.

Pembahasan mengenai pembangunan kota yang berkelanjutan ini sedang hangat diperbincangkan.

Oleh karena itu Seminar Internasional ini bertujuan untuk sharing ilmu atau pengetahuan terkait pengembangan dan pembangunan kota yang berkelanjutan di Indonesia yang dipandang dari perspektif multi-sektoral, antara lain konsep dan implementasi perencanaan kota, ketahanan kota (urban resilience), keamanan energi (energy security), dan pengelolaan persampahan yang terintegrasi.

Acara seminar internasional ini dimoderatori oleh Prof. Dr. -Ing. Wiwandari Handayani selaku Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro, dan menghadirkan para pakar dengan berbagai bahasan yang penting dalam pembangunan berkelanjutan.

Wiwandari menuturkan pembahasan mengenai pembangunan kota yang berkelanjutan ini sedang hangat diperbincangkan, khususnya terkait Ibu Kota Nusantara.

“Secara khusus akan fokus pada pembahasan proses pembangunan di IKN, namun ilmunya bisa diterapkan juga untuk kota-kota lain,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan Seminar Internasional 2022 ini, dapat memberikan pandangan baru terkait pengembangan dan pembangunan kota yang berkelanjutan di Indonesia dari berbagai perspektif multi-sektoral, sebagai salah satu bentuk komitmen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota untuk bisa berkontribusi dalam pengembangan perkotaan Indonesia dan global secara lebih lanjut.

Ketua Panitia HUT ke-30 Perencanaan Wilayah dan Kota Undip, Mamo Arif Sudarmono mengatakan hingga Jumat 6 Mei, jumlah pendaftar sudah lebih dari 200 peserta, dengan target peserta seminar internasional Sabtu, 14 Mei mendatang sebanyak 1.000 peserta.

“Terkait jumlah pendaftar masih terus bertambah, antusiasnya cukup tinggi. Untuk 5 narasumber yang akan mengisi acara ini sudah confirmed semua bisa, karena acara akan berlangsung secara hibryd,” pungkasnya.

Adapun narasumber-narasumber acara Seminar Internasional 2022 sebagai berikut:

1. Bambang Susantono, Ph.D selaku Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebagai Keynote Speaker, beliau akan memaparkan tentang “Pivotal Strategies for the Planned Development of the New Capital City ‘Nusantara’“

2. Prof. Dr. Eng. Miguel Esteban dari Research Institute of Sustainable Future Society Faculty of Civil and Environmental Engineering, Waseda University Tokyo, Japan. Topik paparan yang akan disampaikan adalah “Urban Resilience in Indonesian Cities: Lessons Learned from DKI Jakarta and Paths Forward”

3. Prof. Dr. Benjamin McLellan dari Graduate School of Energy Science, Kyoto University, Japan. Topik paparan yang akan disampaikan adalah “Energy Systems Planning for Sustainable Cities in Indonesia: Journey to Self-Reliance”

4. Prof. Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto selaku Ketua Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia (ASPI). Topik paparan yang akan disampaikan adalah “Responsible and Smart Land Management: An Overview for the Planning and Development of Cities in Indonesia”

5. Dr. Aretha Aprilia selaku Head of Environment Unit United Nations Development Programme (UNDP) Country Office, Indonesia. Topik paparan yang akan disampaikan adalah “Development of Integrated Solid Waste Management System for Indonesian Cities and Regencies: from Cradle to the Grave”

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Seminar Internasional 2022 serta rangkaian kegiatan 30 Tahun Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro dapat diakses melalui laman https://30tahunpwk.id/ atau www.instagram.com/hutplanologiundip/.

Related Articles

Back to top button