fbpx
Gaya Hidup

Hujan Telah Tiba, Saatnya Mengelola Sampah Agar Tak Banjir

energibangsa.id—Salah satu permasalahan lingkungan yang masih memprihatinkan adalah sampah. Hal ini karena semakin tahun makin banyak jenis sampah. Jika tak ditangani secara serius, sampah bisa berdampak buruk pada lingkungan sekaligus mengancam keberlangsungan hidup masyarakat seperti banjir.

Di Kelurahan Beringin Tambakaji Semarang, misalnya, sampah didominasi oleh sampah rumah tangga. Itu juga belum ditambah sumber-sumber sampah yang lain. Sementara musim hujan telah tiba, sehingga sampah perlu dikelola dengan baik.

Sejalan dengan upaya pembentukan bank sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang 2019 lalu, warga Beringin bekerjasama dengan mahasiswa KKN baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan optimalisasi pengelolaan sampah warga, Rabu (4/11) lalu.

Warga yang terlibat mulai sadar akan kondisi alam yang sering hujan. Didukung program KKN UIN Walisongo, gerakan pengelolaan sampah didedikasi untuk bernilai ekonomis. Masyarakat juga dapat merasakan langsung dampak yang dihasilkannya.

Mahasiswa KKN, Muhammad Cholil Alwi dalam program KKN-nya pun sama. Ia tertarik mengelola sampah warga, sekaligus berefek ekonomis. Harapannya, sampah rumah tangga dapat teratasi sedangkan warga mendapatkan keuntungan finansial.

Regulasi bank sampah

Berlandaskan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, Recycle (3R) melalui Bank Sampah (Permen LH Bank Sampah) dan Undang-Undang No 18 Tahun 2008, pengelolaan sampah harus diwujudkan secara serius.

Terlebih musim penghujan telah tiba, yang artinya kewaspadaan akan banjir harus tetap digalakkan. Dari sampah, ibu rumah tangga, misalnya, tetap memperoleh daya ekonomis. Paling tidak, uang hasil sampah bisa dijadikan alternatif dalam mengurangi pengeluaran.

Dengan adanya bank sampah ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah akan selalu tertanam sehingga berpikir ulang jika mau membuang sampah sembarangan. (*)

Related Articles

Back to top button