fbpx
Internasional

Hubungi Trump, Raja Salman Harapkan Solusi Adil untuk Palestina

ENERGIBANGSA.ID – Kabar mengejutkan datng dari Kerajaan Arab Saudi. Raja Salman, Pemimpin dari Kerajaan Arab Saudi baru-baru ini dikabarkan menghubungi Donald Trump, Presiden Amerika Serikat (AS).

Mengutip dari Reuters, topik pembicaraan yang dilakukan adalah mengenai keinginan Raja Salman tentang solusi yang adil dan permanen untuk Palestina. Raja Salman menegaskan topik tersebut menjadi poin utama dari proposal inisiatif perdamaian yang diajukan.

Adanya pembicaraan tersebut dilakukan setelah Amerika Serikat menjadi penengah dari normalisasi hubungan antara Uni Emirat Arab (UEA) dengan Israel pada bulan Agustus kemarin.

Pihak dari UEA menuturkan jika keputusan mereka untuk menjalin normalisasi dengan AS adalah untuk menghentikan aneksasi Israel atas Palestina. Dalam kesempatan tersebut, Raja Salman juga mengungkapkan jika dirinya menghargai usai AS untuk mendukung adanya perdamaian.

Negara-negara Arab telah menawarkan normalisasi hubungan dengan Israel dalam Padat Inisiatif Perdamaian Arab yang telah digagas oleh Arab Saudi pada tahun 2002.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk imbalan untuk mengembalikan wilayah Palestina dan penarikan penuh Israel dari wilayah yang direbut dalam perang Timur Tengah pada tahun 1967.

Hingga saat ini, Israel belum diakui oleh Arab Saudi dan tidak melakukan hubungan diplomatic dengan Israel. Meskipun begitu, Arab Saudi memberikan izin wilayah udaranya dipakai oleh maskapai penerbangan Israel yang melakukan perjalanan dari dan ke UEA.

Related Articles

Back to top button