Wisata & Kuliner

Horog-horog, Kuliner Jepara yang Melegenda

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – “Horog-horog”! Ya, memang kuliner Kabupaten Jepara satu ini namanya unik. Terdengar lucu, dan membuat penasaran bagi banyak orang.

Jenis makanan unik itupun, tak semua masyarakat Jepara mengetahuinya. Bisa jadi, masyarakat saat ini yang kini berusia 30 tahun-up yang hanya mengerti jenis makanan yang terbuat dari tepung sagu itu.

Sajian makanan horog-horog saat disantap dengan pecel dan rumput laut. Sumber: Instagram/ jeparahariini

Bagi kalangan milenial, nama “horog-horog” terbilang aneh. Tapi tahukah kamu, horog-horog sejatinya adalah makanan khas Jepara yang sangat melegenda.

Horog-horog bukan jenis kuliner musiman, ala jajan kekinian. Horog-horog juga bukan makanan asing yang saat ini “menjajah” keragaman kuliner nusantara.

Di era penjajahan

Horog-horog di era penjajahan bahkan direkayasa sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. Maklum, masyarakat (pribumi) kala itu tak sanggup memakan nasi lantaran semua hasil panennya disita penjajah baik Belanda maupun Jepang.

Konon, horog-horog menjadi makanan istimewa. Selain umbi-umbian seperti ketela singkong, ketela rambat, talas, jenis umbi pohon menjalar, gadung, bahkan ‘bonggol’ pisang, horog-horog mampu menjadi sumber kehidupan pribumi kala itu.

Sajian makanan horog-horog saat disantap dengan pecel. Sumber: Instagram/ jeparahariini

Di waktu itu, horog-horog biasa disantap bersamaan dengan sayur gudangan, pecel, sayur krokot, rumput laut dan jenis sayuran lain yang tumbuh di pagar-pagar rumah penduduk.

Di era milenial

Horog-horog di era modern tergolong langka. Anak-anak yang kini berusia remaja, belasan tahun, tak mengerti jenis kuliner Jepara yang khas itu.

Namun di beberapa titik kota, horog-horog masih nampak dijual pedagang kaki lima dengan modifikasi yang lebih berwarna. Horog-horog, ada pula yang sedap disantab bersamaan dengan bakso. Upaya ini nampaknya sebagai cara ‘mengawinkan’ antara makanan kuno dengan makanan kegemaran kaula muda seperti bakso.

Sajian makanan horog-horog saat disantap dengan menu bakso. Sumber: Instagram/ jeparagam

Di sudut kota, ada pula lapak kaki lima yang menjajalan horog-horog dengan kolaborasi pecel dan sate kikil. Ada pula yang melengkapi dagangan gulainya dengan horog-horog sebagai pengganti nasi.

Sajian makanan horog-horog saat disantap dengan pecel dan sate kikil. Sumber: Instagram/ jeparahariini

Bahkan, ada pula yang merekayasa horog-horog sebagai minuman blend. Disesuaikan dengan target pasar milenial, es horog-horog dikemas selayaknya es jus dan varian minuman modern lainnya.

Rasanya yang gurih dan harganya yang terjangkau, horog-horog tetap menjadi makanan favorit masyarakat Jepara hingga saat ini. Semoga ya sob! (dd/EB)

Related Articles

Back to top button