fbpx
Film dan Hiburan

Horee! Bioskop Bakal Dibuka Kembali dengan Syarat, Simak Sini

SEMARANG, energibangsa.id — Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta akan dilonggarkan dengan status Transisi. Hal tersebut telah diumumkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan akan berlangsung mulai 12 Oktober hingga 25 Oktober.

Berdasarkan dengan hal tersebut, beberapa aktivitas sosial di ruang publik kembali dibuka salah satunya bioskop. Bioskop diizinkan kembali buka dengan syarat protokol kesehatan yang ketat.

Syaratnya:

1.    Maksimal kapasitas 25%.

2.    Jarak antar tempat duduk diatur 1,5 meter.

3.    Pengunjung tidak diperkenankan lalu Lalang ataupun berpindah tempat selama film diputar.

4.    Alat makan dan minum harus disterilisasi.

5.    Pelayanan makanan dilarang dalam bentuk prasmanan.

6.    Petugas menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan.

Djonny Sjafruddin selaku Ketua Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) mengungkapkan bahwa pengusaha bioskop tentu mengapresiasi adanya kebijakan tersebut, namun diharapkan juga kebijakan tersebut adalah pasti dan tidak berubah secara tiba-tiba.

Sebab, sepanjang masa PSBB sebelumnya bioskop sudah beberapa kali direncanakan buka, namun kebijakan tersebut tiba-tiba dicabut kembali oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Sebelumnya kan dibilang buka kemudian tutup lagi, itu sudah berapa kali dan ini lagi (diberi izin buka). Mudah-mudahan ini yang terakhir, janganlah entar buka, entar tutup. Ini kayak orang bawa mobil nggak pakai lampu sen, hanya dia dan Tuhan doang yang tahu mau ke kanan atau ke kiri, yah kan enggak benar dong itu,” ujar Djonny.

Rencana pembukaan bioskop memang sempat empat kali mencuat. Seperti, pada rencana pembukaan bioskop yang batal di 29 Juli 2020. Begitu pula rencana pembukaan di masa PSBB 31 Juli-13 Agustus 2020 dan PSBB Transisi 14-27 Agustus 2020 yang juga dibatalkan.

Terakhir, pada 26 Agustus 2020 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan langsung bahwa bioskop akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat. Namun angin segar itu hanya berlalu, karena pengetatan PSBB diberlakukan sejak 14 September-11 Oktober 2020.

“Namun demikian, kami mengapresiasi, terima kasih (dengan kebijakan bioskop diberi izin buka lagi) pada gubernur, dinas pariwisata dan ekonomi kreatif, juga dinas kesehatan,” Tambahnya. (dhanti/EB).

Related Articles

Back to top button