Investasi
Ilustrasi aliran modal asing yang masuk ke Indonesia. (dok. okezone ekonomi)
Ekonomi & BisnisKabar Indonesia

Hingga Akhir Juni, Modal Asing Masuk Tembus Rp. 154 Triliun

0

ENERGIBANGSA.ID – Hingga akhir bulan juni 2019, Bank Indonesia (BI) telah mencatat bahwa arus modal yang masuk dalam sistem keungan Indonesia telah mencapai Rp. 154 triliun. Dua instrumen yang paling dominan dalam membawa aliran modal tersebut masuk kedalam sistem keuangan nasional adalah Surat dan saham. Hal ini pun dinilai menandakan kepercayaan investor ke perekonomian dalam negeri.

 “Terdiri dari penerbitan Surat Berharhga Negara (SBN) dan Saham, dua instrumen ini yang paling besar membawa inflow (aliran modal) ke perekonomian kita, “ kata Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo di jakarta, seperti dilansir dari cnnindonesia.com, Jumat (28/6).

Merujuk hal tersebut, jika dirinci, besaran aliran modal asing yang masuk melalui saham kedalam sistem keuangan nasional sebesar Rp. 60 triliun dan SBN sebesar Rp. 90 triliun.

Dody menerangkan masuknya arus modal dari penerbitan SBN terjadi dikarenakan imbal hasi dari obligasi Pemerintah Indonesia yang ditawarkan masih cukup kompetitif dengan negara berkembang lainnya.

“Dari sisi SBN, income itu gambaran bahwa diferensial retur yang diperoleh oleh mereka masih cukup menarik. Pasalnya yield diferensial, interest diferensial dengan emerging kita masih cukup besar,” ungkap dia.

Sementara, untuk besarnya arus modal dari pembelian saham terjadi karena investor melihat prospek membaiknya perekonomian Indonesia dalam jangka panjang.

Dia menjelaskan positifnya itu adalah bahwa confidence, dimana investor equity untuk saham cukup besar. Sebab tentunya investor akan memperhatikan earning daripada korporasi. Issuer-issuer daripada saham.

 “Mereka tentunya akan mengkaitkan dengan pertumbuhan ekonomi dengan proyeksi yang masih cukup baik di 2019. Jadi itu yang kita lihat masih besarnya inflow dari sisi saham,” ucap nya.

Sebagaiman data yang diperoleh tim energibangsa.id,  sejak awal tahun hingga 19 juni 2019, aliran modal asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 120,4 triliun. Sebanyak Rp. 69,1 triliun masuk lewat SBN sementara sekitar Rp. 57,7 triliun masuk kepada pasar saham. Sedangkan sisanya melalui surat berharga Bank Indonesia (SBI).

Dody mengatakan, tren positif masuknya aliran modal asing tentu bakal membantu stabilisasi nilai tukar rupiah. Penguatan aliran modal asing dan nilai tukar rupiah dapat semakin membaik jika perang dagang antara Amerika Serikat dan China dapat dituntaskan.

Selain itu, dody menjelaskan, pelaku usaha menilai iklim investasi di Indonesia makin baik seiring dengan perbaikan peringkat daya saing serta peringkat utang Indonesia.

“Hal ini tercermin dari peningkatan credit rating oleh lembaga-lembaga pemeringkat rating. Indonesia sudah memasuki Investment Grade,” ucapnya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Stem Cell, Pengobatan Teknologi Baru Kaya Manfaat

Previous article

Kendaraan Massal Berbasis Listrik Segera Diluncurkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.