Hindari Nikah Siri, Pemerintah Aceh Legalkan Poligami. Apa Pendapatmu? (Foto: globalindo)
Hindari Nikah Siri, Pemerintah Aceh Legalkan Poligami. Apa Pendapatmu? (Foto: globalindo)
Ragam BangsaReligius

Hindari Nikah Siri, Pemerintah Aceh Legalkan Poligami

0

ENERGIBANGSA.ID – Poligami di Indonesia masih menjadi hal yang pro-kontra di masyarakat. Dari sisi agama, beberapa golongan mendukung praktik ini. Namun dari sisi sosial tak sedikit pula yang menentang.

Menanggapi pro-kontra yang terjadi, Pemerintah Aceh mengambil sikap dengan rencana pelegalan poligami bagi masyarakat di kota berjuluk “Serambi Mekah” ini.

Rupanya wacana tersebut disambut baik oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh, Teungku Abdurrani Adian. Ia mengatakan para ulama sangat setuju dan akan mendukung pelegalan sistem pernikahan tersebut.

“Poligami ini secara hukum Agama Islam memang sah (legal), akan tetapi selama ini belum diterapkan dalam aturan daerah. Jika aturan ini jadi diterapkan, kita (ulama) sangat mendukung,” ujarnya, Sabtu (6/7/2019) dilansir dari republika.co.id.

Teungku berpendapat bahwa pernikahan siri di Aceh sudah sangat marak terjadi dalam masyarakat. Dari sisi hukum, hal ini sangat merugikan satu pihak, yaitu para isteri.

Oleh karena itu Teungku menilai dengan dilegalkannya poligami di Aceh maka dapat berdampak baik bagi kehidupan masyarakat. Menurut ulama ini, poligami yang legal adalah solusi terbaik bagi kehidupan berumah tangga.

Ia menambahkan, poligami yang legal ini dapat membuat kaum perempuan memiliki status yang jelas dalam perkawinan sebab diakui secara agama dan hukum negara. Sehingga para isteri akan mendapatkan hak-haknya.

Ia mencontohkan apabila salah satu pihak meninggal atau berpisah sementara status pernikahan poligami tidak tercatat secara administrasi negara, maka dapat terjadi kerugian dalam pernikahan tersebut. Akan ada permasalahan seperti status pengakuan anak, pembagian harta waris, dan lainnya.

“Inti dari poligami adalah keadilan di dalam membagi segala-galanya, ini harus diperhatikan. Selama ini sebagian laki-laki hanya melihat di ayat pertama saja dalam Alquran yang mengatur tentang poligami. Ayat selanjutnya tidak dilihat lagi sebagian acuan dalam memiliki lebih dari satu orang isteri yang akan dijadikan sebagai pasangan hidup,” pungkasnya.

Poligami adalah sistem perkawinan di mana salah satu pihak memiliki atau mengawini beberapa lawan jenisnya dalam waktu yang bersamaan. Informasi yang diperoleh tim Energi Bangsa, tidak ada data khusus tentang jumlah perkawinan poligami di Indonesia. Apalagi jumlah perkawinan yang tidak diakui negara namun sah secara Islam, atau nikah siri.

Meski begitu, Komnas Perempuan meluncurkan sebuah laporan yang menghubungkan antara poligami dan kekerasan domestik. Menyikapi fenomena ini, apa pendapat Sobat Energi?

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Syarat-Syarat Rekonsiliasi Prabowo

Previous article

Rice Cooker, Magic Jar, dan Magic Com, Apa Bedanya?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Ragam Bangsa