fbpx
Gaya Hidup

Hindari 6 Aktivitas Ini Jika Kamu Tak Ingin Cepat Tua

ENERGIBANGSA.ID – Setiap orang pasti akan mengalami fase penuaan dalam hidupnya. Jaringan sel-sel di dalam kulit mulai berubah seiring dengan berjalannya waktu dan usia, untuk itu banyak sekali produk perawatan kulit beredar di pasaran.

Namun, jika kamu tergolong orang yang tidak begitu senang melakukan perawatan tubuh dan menganggap hal tersebut terasa begitu memberatkan dan merepotkan, berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan agar kulit kamu tidak cepat menua.

1.Terlalu Sering Duduk

Bagi kamu yang bekerja kantoran atau yang masih menduduki bangku pendidikan. Tak dipungkiri bahwa jam kerja atau proses belajar mengajar berjalan sangat lama. Kamu mau tidak mau menghabiskan waktu berjam-jam duduk di kursi yang terlalu tegak serta kurang nyaman. 

Hal yang kamu bisa melakukan adalah bekerja selama 25-45 menit dengan konsentrasi penuh, kemudian 5 menit istirahat. Lakukan ini setiap anda mulai merasa tidak nyaman saat duduk.

2.Junk Food

Selain rasanya yang lezat, makanan cepat saji juga mudah ditemui sertapraktis dalam penyajiannya. Tak heran, makanan cepat saji banyak digemari dari berbagai kalangan mulai dari yang muda hingga dewasa.

Namun perlu diingat, makanan cepat saji mengalami proses pengolahan ulang serta pengawetan. Sehingga nustrisi yang terkandung bisa saja sudah hilang. Maka dari itu, mulai sekarang mulailah mengurangi kebiasaan mengkonsumsi junk food, minimal bisa kurangi insentitasnya.

3.Alkohol dan Rokok

Kebiasaan meminum-minuman beralkohol dapat merusak fungsi hati, konsumsi alkohol berlebih dapat memberatkan kerja dan merusak fungsi hati, jantung serta mengganggu kerja otak.

Kecanduan merokok juga tidak baik untuk kulit. Kandungan dalam tembakau seperti karbon monoksida serta tar dapat mengganggu sistem pernafasan. Merokok juga dapat melumpuhkan fungsi tulang loh

4.Stres Tak Terkendali

Memasuki periode abad ke-21 seperti sekarang ini jika dibandingkan dengan seratus tahun lalu pastinya akan sangat berbeda. Semakin banyak perubahan yang kita temui. Mulai dari bidang ekonomi, politik, pendidikan bahkan kesehatan.

Insentisas terjadinya stres secara otomatis ikut meningkat. Terutama, seiring bertambahnya kewajiban yang harus dijalankan. Untuk itu, jangan terlalu kaku dalam memikirkan sesuatu. Sesekali cobalah mengambil waktu untuk menyenangkan diri sendiri dengan melakukan sesuatu sesuai ketertarikan kamu.

5.Kurang Tidur

Sesibuk apapun aktivitas kamu, jangan pernah lupa untuk membatasi itu. Wajarnya, seseorang tidur selama 8 jam sehari. Apabila kamu tidur kurang dari 8 jam sehari, mulai sekarang ubahlah jika tidak ingin mengalami penuaan dini.

6.Kesepian

Terakhir, kesepian. Iya, kesepian. Kok bisa? Manusia adalah makhluk sosial, wajar saja ketika kita tidak memiliki teman untuk bercerita, kita akan gelisah. Perasaan kesepian dapat mempengaruhi fungsi kerja otak, serta saraf tubuh lainnya.

Nah, itulah enam aktivitas yang harus kita hindari jika tidak ingin mengalami penuaan sejak dini.  Tetap semangat, makan makanan bergizi seimbang. Dan, jangan lupa bahagia. (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button