fbpx
DIGITAL

Hidupkan Empati yang Tergerus, Berikut Cara Bijak Gunakan Medsos

ENERGIBANGSA.ID – Saat ini, hampir sebagian besar interaksi antar manusia beralih menggunakan perangkat digital dan internet, terkhusus sosial media.

Meski dapat dikatakan interaksi yang cukup efisien karena tidak terhalang jarak dan waktu, adanya media sosial semakin lama justru bisa menghilangkan empati dalam diri seseorang.

Pernahkah kamu temukan di kolom komentar sebuah postingan seseorang yang dengan mudahnya mengkritik, mencela, bahkan mengujar kebencian dengan mudahnya tanpa melihat sudut pandang lain?

Memang lebih mudah meninggalkan pendapat di kolom komentar jika dibandingkan menyuarakan langsung karena tidak mendapatkan balasan secara langsung layaknya dunia nyata.

Sejak lahir, manusia diajarkan untuk berinteraksi melalui nada suara dan ekspresi wajah.

Ketika dua hal tersebut hilang, yang tersisa hanyalah kata-kata dan banyak konteks atau situasi yang terabaikan.

Tantangan kita sebagai bagian dari masyarakat adalah menegaskan kembali kasih sayang, sopan santun, dan kebaikan ke dalam kehidupan digital kita.

Menanggapi permasalahan tersebut, dikutip dari beberapa sumber dan siaran pers Facebook, berikut beberapa hal sederhana yang dapat membuat kita bijak bermedia sosial.

1. Temukan Sisi Positif dari Hal Negatif

Memang terdengar sulit dilakukan, tetapi ini menjadi salah satu cara bijak yang wajib untuk diterapkan.

Kemampuan seseorang mengelola emosi berpengaruh besar ketika dihadapkan dengan hal negatif.

Kemampuan mengatur emosi negatif ini dapat kamu jadikan kekuatan memandang sesuatu dengan cara yang positif dengan melihat dari sudut pandang baru yang berbeda dari pemikiran negatif kamu sebelumnya.

2. Atur Tayangan Beranda Media Sosial

Tampilan informasi dalam beranda media sosial tergantung dengan apa yang kamu lihat atau cari, informasi itu akan terus ada jika kamu memang merespon.

Maka dari itu, jika kamu merasa lelah dengan banyaknya berita negatif, kamu dapat mulai mengikuti akun-akun yang membagikan berita-berita positif.

Jadi kamu tidak lagi merasa jenuh karena melihat berita yang buruk.

3. Pegang Kendali Diri

Kamu sudah mulai merasakan ketenangan setelah sedikit demi sedikit mengurangi informasi negatif.

Pada suatu ketika kamu tidak sengaja dihadapkan pada komentar atau postingan yang menguncang emosi, di sini tugas kamu wajib menahan diri untuk tidak ikut menanggapi.

Abaikan informasi atau kata-kata yang menguras emosi. Tanamkan pada diri bahwa amarah dan rasa benci mereka tak akan mengubah kebenaran yang kamu pegang.

Fokuslah pada pesan-pesan positif yang menunjukkan empati kapanpun dan dimanapun.

4. Hiduplah Dalam Dunia Nyata, Bukan Media Sosial

Melihat postingan orang lain yang terlihat jauh lebih baik dari kita bisa merusak pemikiran kita jika dirasakan dengan hati yang iri.

Cara termudah untuk membebaskan itu semua adalah pikirkan kehidupan diri sendiri dalam dunia nyata.

Carilah hal-hal yang membuat kamu mensyukuri kehidupan ini, lihat kembali dan berikan perhatian yang tulus kepada teman-teman dan keluarga.

Ingatlah diri kamu yang sesungguhnya. Kehadiran orang tersayang di sekitar kita adalah hal yang paling utama.

Related Articles

Back to top button