ENERGI JATENG

Hetero Space UMKM Jateng Gandeng Lazada Adakan Bootcamp Akar Digital Indonesia, Ganjar : Bisa Naik Kelas

SEMARANG, energibangsa.idBootcamp Akselerasi Karya Rakyat (AKAR) Digital Indonesia guna mendorong daya UMKM Jawa Tengah yang berlangsung di Desa Wisata Kandri, Kota Semarang berlangsung meriah (20/9).

Acara dihadiri sekitar 150 orang yang terdiri dari 100 pelaku UMKM dari desa di seluruh Jawa Tengah dan 50 pemuda penggerak ekonomi terpilih untuk mengikuti bootcamp.

Tak luput, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ferry Kusnowo selaku Direktur Executive Lazada Indonesia turut berpartisipasi.

Gerakan tersebut sebagai sarana edukasi dan pendampingan melalui metode “Getok Tular” yang membantu UMKM Desa mendapat naik kelas dengan ilmu istimewa yang didapat untuk bersaing di marketplace.

“Sejak lama Lazada berkomitmen memberdayakan para pelaku UMKM Indonesia sebagai pilar penggerak perekonomian nasional. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi & UMKM Jawa Tengah, Hetero Space, dan Lapak Ganjar. Harapannya program ini bisa mendorong para pelaku UMKM Jawa Tengah mencapai sukses di dunia digital dan dan mampu berkontribusi secara signifikan bagi ekonomi digital di Indonesia,” ungkap Ferry.

Di sela sesi acara Ganjar mencoba mengulik satu per satu produk UMKM yang ada.

Diketahui masalah umum yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah pengetahuan tentang produk.

“Makanya tadi saya tes, menurutmu produkmu bagus apa enggak. Ayo dinilai, harus fair. Apakah ini bagus, ini nggak bagus, harus berani ngomong, berani koreksi untuk bercermin,” ujar Ganjar yang berdialog dengan peserta.

Masalah kedua yang umum ditemukan adalah permodalan.

Dalam hal ini Pemprov berupaya membuka dan mempermudah akses permodalan bagi pelaku UMKM.

Perbankan digandeng untuk dapat memberikan pinjaman dengan suku bunga rendah untuk menyelesaikan masalah ini termasuk menggandeng BAZNAS dan CSR untuk memberikan pelatihan dan akses modal.

Ganjar juga berharap peserta UMKM dapat diberikan fasilitas bimbingan yang baik guna mendorong keberhasilan kemajuan UMKM Jawa Tengah.

“Para UMKM harus tetap di dampingi dan dibimbing hingga memiliki pengetahuan produk yang baik. Salah satunya adalah Hetero Space secara berkelanjutan dengan gaya kekinian.” tutup Ganjar saat ditemui tim Energi Bangsa saat bootcamp berlangsung.

Related Articles

Back to top button