fbpx
Kabar Daerah

Walikota Semarang Gagal Divaksin, Kok Bisa?

SEMARANG, energibangsa.id – Distribusi vaksin sinovac ke seluruh penjuru provinsi di Indonesia kini telah sampai pada fase penyaluran ke berbagai daerah-daerah. Kota Semarang menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang pertama menerima subsidi vaksin Covid-19 selain Kota Solo dan Kabupaten Semarang.

Seakan ingin mengikuti jejak Jokowi sebagai orang yang disuntik vaksin, orang nomor satu di Kota Semarang alias Walikota Semarang Hendrar Prihadi mendeklarasikan bahwa ia siap menjadi orang Semarang pertama yang disuntik vaksin.

Rencana kegiatan vaksinasi akan dilakukan Hendi pada Kamis (14/01/2021) sepertinya harus menelan rasa kecewa. Sesuai arahan dari Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto, ia menganjurkan untuk vaksinasi dari orang nomor satu di Kota Semarang ditangguhkan.

Bukan tanpa sebab, melainkan Hendi sebelumnya pernah terjangkit virus Covid-19 dan dikategorikan sebagai penyintas dan tidak diperkenankan mengikuti vaksinasi.

Ditakutkan nantinya akan memberikan efek samping diluar prediksi ahli kesehehatan, karena uji klinis belum membuktikan dampak yang akan terjadi jika vaksin disuntikkan kepada penyintas.

Dan jika bagi siapa saja orang yang akan menerima vaksin Sinovac nantinya harus menjawab 16 pertanyaan yang diajukan oleh petugas. Hal ini diperuntukkan agar dapat melacak riwayat penyakit penderita.

Bagi calon penerima vaksin tidak perlu melakukan tes PCR sebelumnya dan hanya tidak diperuntukkan bagi orang yang memiliki tekanan darah yang tinggi.

Untuk warga yang menolak melakukan vaksinasi, dianjurkan untuk menandatangani sebuah surat penolakan berkonsekuensi. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button