Kabar IndonesiaNasional

Heboh!!! Warga Semarang Temukan Candi Saat Membangun Rumah

SEMARANG, energibangsa.id – Kejadian tidak terduga datang dari warga Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Penemuan batu arca oleh Faisal pada saat membangun rumah rupanya menggemparkan warga sekitar.

Hal ini langsung ditindaklanjuti oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB), mereka mengklaim bahwa arca tersebut adalah Arca Agstya.

Ukuran dari arca tersebut memiliki berukuran tinggi 49 cm, lebar 28 cm dan diduga merupakan bagian dari struktur bangunan candi bagian selatan.

Agastya sendiri menurut kepercayaan Hindu merupakan resi atau pendeta tinggi yang menyebarkan Hindu di wilayah selatan India.

Rupanya pada tahun 1870, kawasan Sidomukti Kecamatan Bandungan ternyata memang terdapat beberapa temuan batuan yang menjadi bagian struktur candi.

Melansir dari detik.com, Batuan dalam arca temuan itu merupakan jenis batu piroklastik. Ke depan, batuan arca yang ditemukan itu akan disimpan oleh warga setempat. Hal tersebut dikarenakan keinginan masyarakat desa itu sendiri.

“Dari pihak desa ingin menyimpan arca tersebut. Sebab arca itu dianggap sebagai bagian dari identitas desa setempat. Juga desa tersebut juga sedang ingin dijadikan desa wisata,” imbuhnya.

Tri menjelaskan selain Arca Agastya, di kawasan tersebut sempat juga ditemukan batuan lain yang diduga struktur bangunan candi, di antaranya Arca Ganesha. Temuan-temuan batu arca tersebut saat ini disimpan di museum desa.

“Mereka menyimpan arca-arca itu di bangunan museum desa. Bagi kami tak masalah, yang penting temuan itu tetap dilestarikan,” ungkapnya. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button