fbpx
DaerahKabar Indonesia

Heboh Video Mobil Halangi Ambulans di Jakarta Selatan, Begini Komentar Warganet Kasatlantas

Energibangsa.id(Jakarta)—Warganet Indonesia tengah dibuat geram oleh sebuah video yang viral di media sosial. Pasalnya  beredar video yang memperlihatkan tindakan tidak terpuji dilakukan seseorang ketika  berkendara di jalanan. Peristiwa tersebut disebut terjadi di kawasan Pondok Indah Jakarta, Kamis (20/8) malam.

Diunggah oleh akun instagram Jakarta terkini (@Jakarta.terkini), dalam video tersebut terlihat seseorang yang mengendarai mobil Nissan Juke warna putih menghalangi laju sebuah mobil ambulans yang sedang melaju dibelakanganya di jalur Transjakarta.

Viral Video ambulans

Meskipun telah terdengar suara sirene ambulans yang nyaring, mobil  itu tetap bergerak lamban tanpa mengindahkan keberadaan ambulans.

Para pengendara motor yang berada disekitar lokasi kejadian terlihat sudah berusaha untuk menegur pengemudi mobil nisan juke warna putih tersebut dengan cara mengetuk kaca mobil. Akan tetapi teguran itu tidak digubris oleh sang pengemudi mobil.

Bahkan pengemudi mobil justru beberapa kali memberhentikan mobilnya sehingga ambulans yang berada dibelakangnya tak bisa melintas.

Dari keterangan akun instagram @info_ciledug menerangkan bahwa ambulans sedang terburu-buru karena sedang menjemput pasien gawat darurat.

Sontak hal ini membuat orang-orang yang berada di sekitarnya menjadi marah dan mendatangi mobil putih yang menghalangi laju tersebut. Salah satunya yang terlihat adalah si sopir ambulance itu yang turun langsung untuk menegur sang pengemudi mobil.

Beragam komentar kesal pun dilontarkan para warganet yang telah melihat video tersebut di akun @Jakarta.terkini dan @info_ciledug.

Akun @maria77lay menuliskan  komentar “Rasanya nyesek lho. Karena pernah mengalami suami kritis dan kami pindah RS (Rumah Sakit-red) berulang kali di klakson gak geser-geser, Cuma minta geser dikit agar bisa segera sampai RS. Punya mobil tapi gak punya nurani dan otak.

Viral video ambulans

Sementara @putriistevanny_ mengatakan “ Gua juga suka kesel tuh kalo lagi di jalan ada mobil ambulan kita udah minggir buat ambulan itu lewat eh yang didepan malah batu, pingin gua timpah aja rasanya gaada akhlak banget, coba dia di posisi dalam ambulan mamam dah tu,”

Viral video ambulans

Sedangkan akun @boedak_ngaladoed memberikan komentar kesal namun sedikit nyeleh terhadap video tersebut, “kalo lagi ada masalah ama kreditan mobil jangan sambil nyetir dong. Kasian pengguna jalan yang lain.. apalagi ambulance di belakangnya.”

Viral Video Ambulans

Menanggapi video yang tengah viral ini, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Jakarta Selatan, Komisaris Sri Widodo menjelaskan bahwa pihaknya belum bisa melakukan pengusutan sebab belum menerima laporan dari pihak yang merasa dirugikan.

“itu belum ada laporannya. Pengemudi ambulans bisa saja melaporkannya ke polsek sana,” kata Sri.

Menurutnya polisi bisa langsung mengusut insiden tanpa menunggu laporan, jika ada unsur kecelakaan lalu lintas. Mengenai peristiwa tersebut Sri menduga karena kondisi lalu lintas di sekitar lokasi sedang macet.

Salah seorang relawan yang biasa pengawal ambulans, Djafar, menyayangkan sikap tak terpuji dari pengemudi mobil pribadi yang menghalangi laju ambulans.

“Kalau menurut saya pribadi ya sangat disayangkan ya. Apalagi sudah ada undang-undangnya juga, menghalangi jalannya ambulans termasuk tindak pidana,” ujar dia.

“Tapi saya rasa nggak perlu dibawa ke pidana, cukup permintaan maaf saja dari pengemudi mobil Nissan Juke Warna putih itu,” tambah nya.

Pemerintah sendiri telah mengatur hak ambulans dalam Undang-Undang No 22 tahun 2009 tentang Jalan Raya dan Angkutan. Dalam Pasal 134 diatur mengenai kendaraan yang wajib didahulukan saat ditemui di jalan raya seperti ambulans, mobil pemadam, hingga pimpinan negara

Jika terbukti menghalang-halangi ambulans yang tengah bekerja, berdasarkan UU tersebut, dapat dikenai denda maksimal Rp 250.000 atau penjara maksimal selama satu bulan.

Related Articles

Back to top button