fbpx
Nasional

Heboh, Sri Sultan Hamengku Buwono X Tiba-tiba Pecat Kedua Adiknya

YOGYAKARTA, energibangsa.id—Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Sultan HB X) memberhentikan 2 adik tirinya dari tugas-tugas strategis di lingkungan keraton. 

Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menilai pemecatan dua adiknya GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat tidak ada hubungannya dengan selisih paham Sabda Raja tahun 2015. Sultan menyebut kedua adiknya itu menerima gaji buta tanpa bertanggung jawab pada tugasnya.

“Ndak ada masalah, nek gelem aktif yo rapopo (kalau mau aktif tidak apa-apa), masak ming (hanya) gaji buta, 5 tahun ora (tidak) bertanggung jawab,” kata Sultan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (21/1/2021).

Bukan problem internal keraton

Kedua adik Sri Sultan yang dipecatnya itu awalnya menjabat sebagai pembina budaya. Di mana gajinya berasal dari APBN dalam hal ini Dana Keistimewaan (Danais).

“Lho iya toh (keduanya digaji), kan pembina budaya kan dari APBN (Danais),” ucapnya.

Oleh karena itu, Sultan menampik pencopotan keduanya karena berselisih paham soal sabda raja yang keluar tahun 2015.

Mengingat kerabat Keraton yang berselisih paham dengan Sultan tidak dicopot dari jabatannya.

“Tidak ada hubungannya (dengan sabda raja) wong nyatanya yang tidak setuju sama saya kalau tetap dia melaksanakan tugas sebagai Penghageng juga tidak saya berhentikan.

Mas Jatiningrat, Mas Hadiwinoto kan juga tetap kerja karena tetap melaksanakan tugas,” tandas Sri Sultan. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button