fbpx
Gaya Hidup

Heboh! Gunung Everest Berubah Jadi Tinggi, Benarkah?

ENERGIBANGSA.ID—Organisasi survei dan pemetaan nasional India, Survey of India menetapkan ketinggian Gunung Everest yaitu 8.848 meter dan ditetapkan dalam sejarah.

Namun, Gunung Everest didapati bertambah tinggi di tahun 2020 ini. Gunung tertinggi di dunia ini tercatat memiliki ketinggian 8.848,86 meter dimana lebih tinggi 0,86 meter dari tahun sebelumnya.

Dilansir dari HAI-Online.com, Minggu (13/12), peneliti China dan Nepal mengungkap bertambah tingginya Gunung Everest diakibatkan adanya perubahan perhitungan sebelumnya. Nepal mengirimkan tim survei ke puncak Everest pada Mei 2019, sedangkan China mengirimkan tim surveinya tahun ini. Pengukuran ketinggian puncak yang ada di perbatasan kedua negara ini menggunakan trigonometri.

Sebelumnya, kedua negara ini berbeda pendapat mengenai tingginya Gunung Everest. China yang menghitung ketinggian salju di puncak dan mengukur ketinggian batu di 8.844 meter. Sedangkan Nepal menghitung ketinggian salju di gunung setinggi 8.848 meter.

Ketinggian tahun ini sekitar 3 kaki lebih tinggi dari pengukuran tim dari Nepal. Menambahnya 86 cm ketinggian Gunung Everest, diyakini karena adanya jumlah salju yang bertambah akibat pemanasan global yang sedang berlangsung di dunia. (*)

Related Articles

Back to top button