fbpx
Kesehatan

Hati-hati! Konsumsi Kopi Bisa Picu Ambeien

ENERGIBANGSA.ID – Ambeien atau wasir adalah suatu kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Penyakit ini biasanya disebabkan karena sering atau terlalu lama mengejan saat sedang buang air besar (BAB).

Selain itu, jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi pun turut mempengaruhi munculnya ambeien. Salah satunya adalah konsumsi kafein seperti kopi dalam tubuh.

[Baca juga : Meski Tinggi Kalori, Boba Tea Adalah Sumber Energi]

Kandungan kafein dalam kopi diketahui dapat membantu meredakan sakit kepala dan menambah energi dalam tubuh. Namun pada kondisi tertentu, kopi dapat memberikan efek samping yang kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein yang terdapat dalam minuman kopi merupakan stimulan yang dapat memicu terjadinya sembelit, diare, hingga ambeien. Oleh karena itu konsumsi kopi harus dikontrol dengan cermat dan tepat.

[Baca juga : Kembali Diguyur Modal Investor Asing, Kedai Kopi Kenangan Tatap Asia Tenggara]

Dilansir dari doktersehat, pakar kesehatan Dolly Kumar asal India menyatakan bahwa konsumsi kopi hingga lebih dari dua cangkir sehari dapat menghambat proses BAB. Penyerapan kafein yang berlebihan dalam tubuh dapat membuat proses detoksifikasi pada hati melambat dan membuat kinerja sistem pencernaan mengalami penurunan.

Tak hanya kopi, kafein yang terdapat dalam teh dan soda juga sebaiknya dikurangi konsumsinya oleh Sobat Energi agar terhindar dari ambeien.

Tim Energi Bangsa sarankan pada Sobat Energi untuk perbanyak konsumsi air mineral ya. Peneliti dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa banyak minum air mineral dapat membantu mengurangi gejala ambeien.

Selain itu, seimbangkan juga dengan asupan serat seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, dan sayur, Ngopi di cofee shop bersama teman-teman boleh kok. Tapi tetap perhatikan jumlah kopi yang dikonsumsi ya.

Related Articles

Back to top button