fbpx
Nasional

Hasil Survei: Elektabilitas Partai Golkar 2 Besar Nasional, Berkat Kader Militan?

SEMARANG, energibangsa.id—Elektablitas Partai Golkar mentereng di urutan kedua nasional, tepat di bawah PDI Perjuangan (PDIP).

Berdasarkan hasil survei Parameter Politik Indonesia, PDI Perjuangan tetap menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi dibanding partai politik lainnya, yaitu 25,1 persen.

Sementara di posisi kedua, ditempati Golkar dengan elektablitas mencapai 11,4%.

Pencapaian Golkar ini disebut telah menggeser Partai Gerindra yang dalam survei Parameter Politik itu menempati urutan ketiga dengan perolehan elektabilitas sebesar 10,9 persen.

PDIP masih tertinggi

“PDI-P sementara masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi 25,1 persen disusul Partai Golkar dengan 11,2 persen dan Partai Gerindra 10,9 persen,” ujar Adi Prayitno, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, dalam rilisnya Senin (22/2/2021) awal pekan lalu.

Tampilnya Golkar sebagai partai kedua dalam survei ini bukanlah sebuah kejutan.

Pasalnya, selama ini partai yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto itu konsisten menjadi partai besar di Indonesia.

Partai berlambang beringin itu tak pernah terlempar dari posisi tiga besar dalam setiap pemilu di Indonesia.

Kader Golkar militan

Ini membuktikan jika Golkar mempunyai kader yang militan.

Golkar juga secara tradisional selalu memiliki pendukung yang setia di berbagai daerah.

Ini kembali tergambar dalam survei yang dilakukan Parameter Politik dimana Golkar masih memiliki elektabilitas hingga 11,4 persen.

Selain PDIP, Golkar dan Gerindra, berturut-turut hasil survei Parameter Politik menyebut peroleh partai lain. PKB elektablitas 8,0, disusul Demokrat 6,0, kemudian PKS 5,8, selanjutnya Nasdem 5,4, PAN (5,1) dan PPP (4,3).

Partai yang tak mencapai parliamentary threshold antara lain Perindo (1,9 persen), PSI (1,5 persen), Berkarya (1,4 persen), Partai Hanura (1,2 persen) PBB (0,6 persen) Partai Garuda (0,3 persen), PKPI (0,2 persen).

Sementara responden yang belum memiliki pilihan (undecided voters) sebanyak 11,2 persen.

Survey Parameter Politik Indonesia itu dilakukan pada Desember 2020 dengan mewawancari responden sebanyak 1.200 responden.

Sedangkan margin of error survei ini sebesar ± 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. (dd)

Related Articles

Back to top button