fbpx
Kabar IndonesiaRagam Bangsa

Hasil Survei: Daripada Jadi Dokter, Anak-anak Zaman Sekarang Ingin Jadi YouTuber

ENERGIBANGSA.ID – Selamat Hari Anak Nasional!

Sobat Energi, apa cita-cita kalian sewaktu kecil? Menjadi guru? Perawat? Astronaut? Polisi?

Atau seperti mayoritas anak-anak yang ingin menjadi Dokter?

Namun sepertinya cita-cita tersebut kini telah bergeser seiring berkembangnya zaman. Pada survei yang dilakukan oleh perusahaan Lego, diketahui anak-anak zaman sekarang lebih memilih YouTuber sebagai profesinya di masa depan.

[Baca juga: 5 Channel YouTube Edukatif Asal Indonesia]

Survei yang dilakukan pada 3.000 anak-anak berusia antara 8-12 tahun itu meliputi negara Amerika Serikat, Inggris, dan Tiongkok.

Tak hanya anak-anak, responden lain dari survei ini adalah orang tua yang memiliki anak-anak berusia antara 5-12 tahun.

Setelah data terkumpul, survei tersebut lantas menyebutkan bahwa hampir sepertiga anak-anak di Amerika dan Inggris ingin menjadi YouTuber ketika besar nanti.

Sementara sebelas persen lainnya menyatakan ingin menjadi astronaut sebagai profesi impian yang ingin ditekuni.

Berbanding terbalik di negara Tingkok, lebih dari setengah anak-anak di sana ingin menjadi astronaut ketimbang YouTuber.

[Baca juga: UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi untuk YouTuber]

Dilansir Energi Bangsa dari Neraca, YouTuber memang cukup menjajikan untuk ditekuni. Terdapat tiga sumber pendapatan yang bisa didapat oleh para YouTuber. Adapun sumber tersebut antara lain sebagai berikut.

Monetizing Options

Para YouTuber yang mengunggah videonya ke Youtube dapat buat pilihan pada video mereka untuk memonetisasi video. Fungsi ini mengizinkan Google atau YouTube untuk membuat iklan pada video yang ditayangkan.

YouTuber akan mendapat pembagian hasil dari iklan dengan rincian YouTube sebagai pemilik platform mendapatkan 45 persen dan YouTuber mendapatkan 55 persen.

Tiga jenis iklan yang biasanya ada pada YouTube adalah In-Stream Ads (diawal sebelum Video), Display Ads (di pojok kanan atas) dan Overlay Ads (dibawah Video).

Brand Deals

Sumber pendapatan lain yang bisa diperoleh Youtuber adalah dari sponsor. Ketika YouTuber memiliki jumlah viewers dan subscriber yang loyal, ada kemungkinan pihak brand tertarik untuk menempatkan produk mereka di beberapa video milik YouTuber. Hal ini dikenal dengan istilah product placement (Iklan diluar sistem Google atau di dalam video).

Celebrity Jobs

Tak hanya sukses di dunia maya, para YouTuber juga dapat terjun pula di dunia pertelevisian. Dari situlah Youtuber juga bisa menambah pendapatan mereka. Contoh artis yang terkenal melalui YouTube adalah Raisa, Eka Gustiwana, Justin Bieber, Jovial dan Andovi da Lopez.

Sobat Energi, kalau adik, anak, atau saudara kita ada yang bercita-cita menjadi YouTuber, kita dukung yuk! Selama berada dalam jalur positif, pasti akan memberikan pengaruh yang baik pula.

Related Articles

Back to top button