fbpx
Kabar IndonesiaNasional

Hari Terakhir!! Penyetoran Rekening Karyawan untuk Bantuan Rp 600.000!

ENERGIBANGSA.ID (Jakarta) – Seperti yang diketahui, di tengah pandemi COVID-19 ini pemerintah pusat telah memberikan bantuan kepada pekerja yang bergaji dibawa Rp 5 juta berupa bantuan subsidi gaji sebesar Rp. 600 ribu per bulan.

Program ini sudah berjalan dan penyalurannya telah dilakukan secara bertahap untuk karyawan yang memenuhi syarat.

Pada hari ini, Senin (31/8) merupakan batas akhir bagi perusahaan atau pemberi kerja untuk menyerahkan nomor rekening para pekerja yang akan menerima bantuan subsidi upah/gaji oleh pemerintah.

Irvansyah Utoh Banja selaku Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan. Mengingatkan perusahaan untuk segara menyerahkan nomor rekening karyawannya yang memenuhi syarat untuk menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp 600.000 per bulan.

“Kami masih mendorong pemberi kerja untuk segera menyampaikan nomor rekening sampai tanggal 31 Agustus 2020 dan mempercepat penyampaian data yang dikonfirmasi ulang,” ungkap Utoh

[Baca: Lakukan Ini Jika Bantuan Rp600 Ribu Belum Cair]

Menurut catatan BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, subsidi gaji karyawan diberikan kepada sekitar 15,7 juta pekerja.

Sementara, pada pencairan tahap awal, baru menyasar 2,5 juta pekerja. Artinya, masih ada jutaan pekerja yang belum menerima subsidi gaji ini.

Utoh mengungkapkan, saat ini telah terkumpul 14 juta nomor rekening dari target yang ditetapkan yakni 15,7 juta.

“Posisi saat ini sudah terkumpul 14 juta nomor rekening dari target calon penerima 15,7 juta, dan sudah tervalidasi sebanyak 11,3 juta, selebihnya sedang dikonfirmasi ulang ke pemberi kerja,” ujar Utoh.

Utoh mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan masih melakukan evaluasi apakah batas akhir ini. Akan diperpanjang atau tidak jika ada perusahaan yang belum menyetorkan rekening pekerjanya.

“BP Jamsostek akan melakukan evaluasi apakah masih diperpanjang atau tidak,” kata dia seperti dilansir dari kompas.com

Rincian penyaluran Bantuan Subsidi Upah tahap pertama, sebagaimana informasi yang diperoleh tim energibangsa.id . Disalurkan lewat 4 Bank BUMN sebanyak 2,5 juta penerima batch pertama, yakni rekening Bank Mandiri sebanyak 752.168 orang.

Lalu, rekening Bank BNI sebanyak 912.097 orang, rekening Bank BRI sebanyak 622.113 orang, dan rekening Bank BTN sebanyak 213.622 orang.

Selain pencairannya yang memang dilakukan bertahap oleh pemerintah. Penyebab lain belum cairnya Bantuan Subsidi Upah (bantuan BPJS) antara lain data rekening pekerja belum diserahkan perusahaan pemberi kerja ke BP Jamsostek.

Kemudian data masih proses validasi di BP Jamsostek dan Kementerian Ketenagakerjaan, dan proses transfer antar-bank dari Bank Himbara ke rekening pekerja yang menggunakan bank swasta. (dhanti/ EB)

Related Articles

Back to top button