Nasional

Hari Ke-3, Pembukaan Pendaftaran KPPS Desa Tulungrejo Capai 128 Pendaftar

BANYUWANGI, energibangsa.id — Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang menjadi peserta Pilkada 2020 tahun ini. Sesuai jadwal KPUD Banyuwangi mulai membuka perekrutan KPPS sejak 7 hingga 13 Oktober 2020.

Terhitung sejak dibukanya pendaftaran KPUD Banyuwangi telah merekrut 50 persen dari jumlah keseluruhan petugas KPPS yang dibutuhkan. Untuk wilayah Desa Tulungrejo sendiri memerlukan sedikitnya 322 petugas yang akan tersebar di 46 TPS se-wilayah Tulungrejo.

Kesempatan bagi warga

Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi untuk turut aktif dalam menyemarakkan pesta demokrasi. Paling tidak, masyarakat dapat turut berperan sebagai penyelenggara Pilkada Serentak Kabupaten Banyuwangi 2020, tahun ini.

Menyikapi hal tersebut Muhammad Aqil selaku ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) mengambil inisiatif dengan melakukan perekrutan secara online.

“Pendaftaraan petugas KPPS ini kita lakukan secara online melalui link yang sudah disiapkan oleh PPS. Termasuk formulir pendaftaran yang sudah disediakan di link tersebut. Sehingga calon KPPS ketika berkunjung ke sekretariat PPS sudah dengan keadaan lengkap secara administrasi”, ujar Aqil.

“Dalam konteks pandemi, diakui atau tidak, pelaksanaan Pilkada Serentak itu memang penting, namun yang lebih penting adalah menjaga keselamatan warga negara,” imbuhnya.

Pelaksana tugas bagian data dan informasi Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore, Iqbal Bahtiar, menanggapi inisiatif dari Ketua PPS Tulungrejo itu.

“Cara tersebut dilakukan sebagai wujud nyata PPS Desa Tulungrejo untuk selalu menaati protokol kesehatan. Karena dengan demikian adalah cara yang cukup efektif untuk menghindari kerumunan dan lebih mempersingkat waktu calon KPPS berada di sekretariat PPS”, ungkapnya.

Mengetahui pesatnya partisipasi masyarakat mendaftarkan diri sebagai KPPS ini menandakan bahwa pesta demokrasi kali akan semarak, di samping keselamatan warga negara akan terjaga.

“Semoga Pilkada Serentak Kabupaten Banyuwangi 2020 ini dapat berjalan dengan baik, “kata Aqil.

“Semua pihak harus saling mendoakan dan berkerjasama supaya Pilkada serentak kali ini selaras dengan visi misi dari KPU RI,” harapannya (Kontributor: Saiful Bari).

Related Articles

Back to top button