Pojok Bangsa

Hari Hak Asasi untuk Hewan, Yuk Ikut Merayakan!

ENERGIBANGSA.ID – Sobat energi tahu tidak ya selain manusia yang memiliki hak istimewa dalam hidup, ternyata hari ini 15 Oktober setiap tahunnya diperingati Hak Asasi Hewan Internasional lho (15/10/2019).

Hak Asasi Manusia sudah tidak asing lag kita dengar ya sobat energi, tetapi kita menjalani hidup juga perlu saling menjaga keselarahan hewan sebagai sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan. Hari Hak Asasi Hewan tepat diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Peringatan ini dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE).

Secara Internasional peringatan Hak Asasi Hewan menjadi sebuah lonceng untuk kita masyarakat dunia kembali tersadar harus terus peduli dengan kesejahteraan hewan meskipun kita menganggap ini hal kecil tetapi tidak seharusnya menyepelekan hak asasi yang dimiliki hewan.

Regulasi yang mengatur seputar Hak Asasi Hewan di Indonesia ternyata ada undang-undangnya juga, lho.. yaitu terdapat pada KUHP pasa 302 dan juga UU No.16 Tahun 2009, karena diakui negara, setiap orang harus mengikuti aturan tersebut. Melansir dari hellomotion.com tercatat 5 Hak Asasi Hewan seperti di bawah ini.
Setiap hewan memiliki 5 Hak Asasi, antara lain :

Bebas dari rasa lapar dan haus.

Bebas dari ketidaknyamanan, penganiayaan dan penyalahgunaan.

Bebas dari rasa sakit, cidera dan penyakit.

Bebas dari rasa takut dan tertekan.

Bebas mengekspresikan perilaku alaminya.

Apa yang perlu dilakukan untuk turut serta merayakan Hari Hak Asasi Hewan? Di Indonesia sempat terdapat beberapa kasus kekerasan pada hewan yang dilakukan secara langsung maupun pada pengelolaan kebuh binatang yang kurang layak.

Hal ini mendapat perhatian dari khalayak global yang disorot media Internasional maupun nasional. Peringatan yang diberikan juga tidak main-main, kecaman keras dari publik global itupun sampai ke telinga seluruh negeri.

Teguran untuk Indonesia tersebut sedikit terbayarkan dengan tercatatnya Batu Secret Zoo sebagai salah satu destinasi kebun binatang terbaik se-Asia yang dinobatkan oleh TripAdvisor.com salah satu situs Travel terkemuka di dunia. Situs tersebut mengklaim Batu Secret Zoo sebagai kebun binatang yang bersih, ramah, dan memiliki koleksi hewan lengkap dari seluruh dunia dengan kondisi yang sehat dan terawat.

Hembusan kabar Kebun binatang yang terletak di Batu, Malang yang menempati posisi 5 untuk kategori binatang terbaik di benua Asia ini menjadi angin segar yang perlu dicontoh dan dikembangkan ke kebun binatang lain di Indonesia.

Selain itu, hal kecil lain yang dapat sobat energi lakukan di Hari Hak Asasi Hewan di lingkungan sekitar mencoba street feeding bagi binatang-binatang yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalmu dan berbagi kasih sayang dengan membagikan snack untuk hewan liar atau di shelter yang ditampung karena dibuang oleh mantan pemiliknya yang tidak bertanggung jawab.

Related Articles

Back to top button