Gaya Hidup

Hal yang Dapat Membuat Pria Awet Muda

ENERGIBANGSA.ID – Seseorang yang memiliki sikap optimistis cenderung dianggap lebih tangguh dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Selain itu, mereka yang bersikap optimistis juga terlihat memiliki energi positif dan dipercaya akan awet muda.

Pandangan semacam ini ternyata bukan cuma sekadar penilaian subjektif saja, namun terdapat penelitian yang mendukung klaim tersebut.

Penelitian yang dilakukan para peneliti di University School of Medicine di Boston, AS menunjukkan, sikap optimistis dapat membantu individu menghindari masalah kesehatan.

Lewina Lee, PhD, co-author dan psikolog klinis di National Center for Posttraumatic Stress Disorder, VA Boston Healthcare System, mengatakan studi ini menguji apakah orang yang lebih optimistis bisa menangani stres sehari-hari secara lebih konstruktif dan menikmati kesejahteraan emosional yang lebih baik atau tidak.

Dilansir Genpi, penelitian dilakukan selama lebih dari 14 tahun untuk mengetahui bagaimana sikap optimistis dapat memperbaiki kondisi kesehatan.

Setiap peserta dalam studi ini diminta untuk mengisi kuesioner optimisme sebelum menjelaskan pemicu stres mereka setiap hari selama periode studi berjalan.

Tim peneliti menemukan, peserta pria yang optimistis memiliki lebih sedikit kondisi mental negatif dan mengalami lebih sedikit stres.

Stres diketahui berdampak buruk bagi kesehatan, seperti meningkatkan peradangan, yang dapat mempercepat penuaan dan memperbesar risiko demensia.

Studi baru ini mengungkap bagaimana optimisme berkaitan dengan peningkatan manfaat kesehatan.

Related Articles

Back to top button