fbpx
EssaiReligius

Hadist Prediktif tentang Gempa Bumi


Oleh: Muhammad Syaiful, S.Pd.I, M.Ag *

Di era perkembangan kajian hadis, para ilmuwan dan ahli hadis baik outsider maupun insider mulai mengadakan beberapa penelitian terhadap hadis-hadis Nabi Muhamnad SAW yang berisi tentang prediksi atau ramalan Nabi tentang akhir zaman.

Di antara tokoh hadis yang meneliti Hadis Prediktif adalah Profesor Doktor Fazlur Rohman ilmuwan asal Pakistan yg mendunia dalam bukunya “Islamic Methodology in History”.

Beliau mempunyai kesimpulan bahwa hadis-hadis prediktif tidak berasal dari Nabi (Marfu’) tetapi Mauquf atau Maqtu’ kepada Sahabat atau Tabi’in.

Hal ini dikuatkan juga dari Penelitian Disertasi S3 Dosen UIN Walisongo Semarang, Doktor Abdul Fatah Idris dengan judul ” Studi Analisis Takhrij Hadis-hadis Prediktif dlm kitab Shohih Al-Bukhori”.

Selain itu, di antara Ulama’ yg mengadakan penelitian terkait Hadis-hadis Prediktif juga adalah Ahli Hadis Asal Maroko: Al-Hafidz As-Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Ash-Shiddiq Al-Ghumari (Saudara dr Sayyid Abdullah bin Ash-Shiddiq Al-Ghumari yang Alhamdulillah Sanad Thoriqoh Syadziliyah dan Sanad kitab-kita Hadis Penulis “Kajian Hadis” dalam media energibangsa.id ini melalui Jalur Sanad Beliau) dalam kitabnya “Muthobaqoh Al-Ikhtiro’at Al-‘Ashriyah Li maa Akhbaro bihi Sayyidul Bariyah”.

Dalam kitab tersebut beliau berusaha membuktikan bahwa kejadian-kejadian yang sekarang terjadi di seluruh penjuru dunia ini ternyata sudah disabdakan oleh Nabi SAW pada 1400 tahun yang lalu.

Sebagai contoh, salah satu Hadis Prediktif Nabi adalah tentang Kejadian-kejadian di Akhir Zaman, misalnya seperti Gempa Bumi, yang sekarang sedang melanda Negeri Kita tercinta Indonesia.

Dulu ada gempa Jogja, Tsunami Aceh, gempa Lombok NTB, gempa disusul Tsunami di Palu Donggala dan Sigi, dan baru saja Kamis pagi tadi di Situbondo sampai Sumenep.

Semua itu sudah diprediksikan oleh Baginda Nabi dalam Hadisnya, di Kitab Shohih Bukhori yg berbunyi:
عن ابي هريرة رضي الله عنه قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم: لا تقوم الساعة حتى يقبض العلم وتكثر الزلازل ويتقارب الزمان وتظهر الفتن ويكثر الهرج وهو القتل حتى يكثر فيكم المال فيفيض.

” Dr Abu Hurairah ra berkata: Nabi saw bersabda: Hari kiamat tdk akan terjadi sehingga ilmu dicabut, banyak GONCANGAN GEMPA BUMI, wkt terasa cepat berjalan, banyak fitnah, bnyk terjdi “Harj” atau pembunuhan, harta benda melimpah ruah.”

Sebenarnya saya ingin mengupas penafsiran tiap kata dari prediksi Nabi tersebut dari berbagai Pendapat Ahli Hadis Dunia tetapi khawatir terlalu panjang penulisan kajian ini sehingga akan menjadikan malas untuk dibaca. Maka saya cukupkan hanya menyebutkan satu Matan Hadis Saja dan terjemahannya saja.

Jika para pembaca, ingin mendapat penjelasan lebih luas lagi monggo mampir ngopi dirumah saya kita ngaji bareng. Cukup sekian semoga barokah saling ifadah dan istifadah.

*Pengurus LP Ma’arif NU Jawa Tengah

Related Articles

Back to top button