fbpx
NasionalOlahraga

Habiskan Rp78,8 Miliar, Yuk Intip Persiapan Piala Dunia U-20 2021

SURAKARTA, energibangsa.id − Jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021, Stadion Manahan direnovasi. Selain lapangan utama, renovasi juga dilakukan pada lapangan latihan pendukung demi terselenggaranya piala dunia U-20.

Penandatanganan kontrak jasa konstruksi dan kick-off telah dilakukan pada Jumat (6/11) kemarin. Dana yang dikeluarkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyelenggarakan piala dunia U-20 sebanyak Rp 78,8 miliar.

Iwan Supriyanto, Direktur Prasarana Strategis Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR mengatakan perlu waktu selama enam bulan untuk menyelesaikan renovasi Stadion Manahan. Ia menambahkan, empat lapangan latihan pendukung diperkirakan selesai pada akhir April 2021.

Sehingga total lapangan yang direnovasi berjumlah lima, yaitu Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Lapangan Sriwaru, Lapangan Banyuanyar, dan Lapangan Kottabarat.

Pembenahan

Renovasi Stadion Manahan yang diperlukan yaitu penambahan pencahayaan dari 1.500 Lux menjadi 2.400 Lux. Ditambahkan pula, pagar luar stadion agar jumlah penonton dapat dikendalikan. Adanya pengendalian jumlah penonton, mengingat kondisi saat ini masih menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan lapangan latihan pendukung, rumputnya dibuat sama dengan stadion utama. Selain itu, akan dibangun ruang ganti, lampu penerangan sebesar 800 Lux, dan toilet untuk dua kesebelasan.

Menurut Iwan, lapangan pendukung perlu dibuat sesuai dengan standar karena nantinya lapangan akan digunakan sebagai pembinaan olahraga. (Warda/EB)

Related Articles

Back to top button