Kabar Daerah

Gus Nung Dukung Kenaikan UMK Jepara 2023 Jadi Rp2,5 Juta

JEPARA, energibangsa.id – Serikat Buruh di berbagai daerah termasuk di Jepara meminta adanya kenaikan UMK (upah minimum kabupaten/kota).

Asosiasi Buruh di Jepara, Jawa Tengah, meminta UMK 2023 Rp2,5 juta. Mereka mulai menyuarakan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Jepara, ini. Tahun 2022 ini, UMK Jepara nilainya sebesar Rp2,108 juta.

Ketua Konsulat Cabang FSPMI Jepara Raya, Yopy Priam Budi, menyampaikan bahwa tahun depan UMK Jepara harus naik.

Yopy mendasarkan alasannya pada tiga hal. Yaitu inflasi di Jepara pada Agustus sebesar 5,03 persen dan September sebesar 6,40 persen dan angka pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah di tri wulan pertama sebesar 5,66 persen.

Yopi berharap UMK di 2023 naik mendekati angka 13 persen. Hal itu berkaca dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan harga-harga lainnya.

Tanggapan Wakil Ketua DPRD

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Jepara, KH Nuruddin Amin, S.Ag, atau yang lazim disapa Gus Nung itu mengaku setuju dengan usulan kenaikan UMK.

“prinsipnya saya setuju, karena sekarang juga apa-apa naik, BBM naik, air naik, harga-harga naik,” ujar Gus Nung pada Sabtu (06/11) kemarin.

Gus Nung  menjelaskan bahwa persetujuannya persentase tersebut mempertimbangkan kenaikan harga Pertalite sebesar 30,72 persen dari Rp7.650 menjadi Rp10 ribu per liter.

Belum lagi pemerintah memperkirakan kenaikan inflasi tahun ini mencapai 6,8 persen.

Saat ini pihaknya sedang menunggu arahan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) terkait kenaikan.

Related Articles

Back to top button