fbpx
Bincang-BincangKita Indonesia

Gus Haiz: Mari Turunkan Tensi, Tinggalkan Kompetisi, Bersinergi, Bersatu Kembali

Jepara (energibangsa.id) – Saga pemilihan ketua DPRD Jepara, akhirnya terjawab sudah. Haizul Ma’arif, menantu mantan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mendapatkan rekomendasi menjadi Ketua DPRD Jepara.

Melalui surat persetujuan penggantian ketua DPRD Jepara, Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP), Haiz -sapaan akrabnya- ditunjuk menggantikan Imam Zusdi yang meninggal dunia.

Dalam surat itu, juga disebutkan DPP akan mengevaluasi penugasan Haizul Ma’arif sebagai ketua DPRD Jepara setelah satu tahun diterbitkannya rekomendasi.

Bagaimana respon Gus Haiz usai menerima amanah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jepara? berikut adalah wawancara eksklusif tim redaksi energibangsa.id dengan Ketua DPRD Jepara yang baru :

Sebelumnya saya ucapkan selamat, Gus Haiz atas amanah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jepara. Bagaimana kesan Gus Haiz mengenai hal ini?

Sebagai kader PPP, kapanpun dimandatkan partai saya harus siap menjalankan tugas ini.

Mengingat Gus Haiz ni new comer, muda, dapat rekor suara tertinggi, dan sekarang jadi Ketua DPRD. Ini rekor luar biasa.

Bagi saya biasa aja nggak ada yang istimewa. Ini amanat dan tanggung jawab besar. Mohon doanya saja semoga amanah dan dapat menjalankan tugas Ketua DPRD ini dengan baik.

Njenengan ini juga jadi percontohan bagi anak-anak muda di kancah sosial, politik, dan pendidikan, apa pesan Gus Haiz terhadap anak-anak muda, khususnya di Jepara?

Di tengah problematika ummat dan masyarakat yang semakin kompleks sudah barang tentu kita harus membekali diri kita dengan iman, ilmu, akhlaq, dan menguasai teknologi.

Mereka (anak-anak muda) harus menjadi bagian dari perkembangan itu semua. Selanjutnya biar Allah yang memberikan petunjuk jalan hidup bagi kita.

Jujur, saya secara pribadi juga tidak pernah ada angan-angan terjun di dunia politik, apalagi menjadi Ketua DPRD, tapi Allah memberikan jalan hidup saya di situ, mungkin agar bisa khidmat dan memberikan manfaat bagi masyarakat, saya niati semua untuk ibadah.

Gus Haiz, dalam sejarah parlementer Jepara, Gus Haiz adalah rekor baru di jajaran pimpinan DPRD Jepara dari kalangan milenial… Apakah ada beban sendiri mengenai hal itu?

Alhamdulillah merasa beban sih tidak, tapi sebuah tantangan baru, iya. Sisi positifnya, ini adalah bukti, bahwa dalam sistem demokrasi di indonesia, kaum millenial juga punya kesetaraan hak dalam kancah perpolitikan di indonesia. (bahwa) yang muda juga layak mendapatkan kepercayaan untuk mewakili dan menerjemahkan aspirasi dan demokrasi.

Tanpa menyudutkan kepemimpinan Anda, Mengingat wakil-wakil GUs Haiz di Tamansari dan jajaran anggota dewan di Kabupaten Jepara adalah para senior dan jauh lebih tua dan berpengalaman, bagaimana menurut Anda, Gus?

Saya kira ritme kepemimpinan di dunia saat ini sedikit berubah, dimana kaum millenial lebih mudah diterima semua kalangan, tentu dengan tetap menggunakan gaya komunikasi yang baik dan sopan ya.

Dan yang terpenting kita kaum millenial percaya diri, mampu menjalankan amanat ini dengan baik.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa gejolak di internal DPC PPP atas kekosongan dan pemilihan kepemimpinan kmrin sempat meninggi, hingga munculah nama Gus Haiz menjadi ketua DPRD atas rekomendasi dari DPP PPP.

Mengenai hal itu, apakah ada pesan khusus dari Gus Haiz kepada calon-calon yang lain?

Nah ini yang harus saya garisbawahi, Saya dipilih bukan berarti saya yang terbaik, semua (kandidat) adalah kader terbaik, tapi apapun keputusan DPP pasti penuh dengan penilaian dari berbagai aspek, dan ini memang mutlak menjadi kewenangan DPP. Sehingga kita sebagai kader harus menghormati dan mendukung keputusan tersebut.

Kita harus mengedepankan kedewasaan dalam politik, ketegangan dalam kompetisi adalah hal yang wajar tapi kalo sudah final maka kita harus kembali bersatu bergandeng bersama melayani masyarakat.

Tugas kita berat, apalagi di tengah masa pandemi ini wakil rakyat harus mengawal kebijakan yang pro rakyat. Mari turunkan tensi, tinggalkan kompetisi mari bersinergi, bersatu kembali. (ghani/EB)

Related Articles

Back to top button