fbpx
Gaya Hidup

Gugah Semangat Wanita, Komunitas Kejar Mimpi Gelar Webinar Pemberdayaan Wanita

SEMARANG, energibangsa.id—Women empowerment atau pemberdayaan wanita merupakan salah satu isu penting dalam perjuangan gender equality yang tercantum dalam SDGs no5.

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran tentang isu pemberdayaan wanita ini, Komunitas Kejar Mimpi Semarang mengadakan webinar Kejar Mimpi Talks 5.0 dengan mengusung tajuk “Women at the Top: How to Speak Up, Create, Lead to Deal with New Era”.

Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 14.00-17.00 WIB yang disiarkan secara daring via zoom dan dipandu oleh moderator Maya Kornelia Musa, seorang global young influencer.

Pemateri yang diundang dalam KM Talks 5 antara lain  Indah Nuria Savitri, Consellor, Deputy Director of Civil and Political Rights, and Indonesian Diplomat di Kementrian Luar Negeri. Yang kedua, Nara Masista Rakhmatian, First Secretary at the Permanent Mission of Indonesian to UN in Geneva.

Kedua pemateri yang expert dalam bidang diplomasi ini bercerita mengenai sudut pandang mereka sebagai seorang wanita dalam meniti karir sebagai diplomat Indonesia.

Mengenali diri-sendiri

“Sebelum memulai sesuatu kita harus memahami semua yang ada di dalam diri kita terlebih dahulu. Kenali dirimu, hak dan kewajibanmu, tujuanmu, dan lingkungan sekitarmu”, ujar Nara saat mengawali pemaparannya.

Ia mengakui bahwa sebagai wanita banyak sekali hambatan yang harus dihadapi seperti gender bias yang menyulitkan langkah perempuan untuk melakukan hal yang mereka inginkan.

Namun, ia menegaskan bahwa hal itu jangan lantas membuat kita putus semangat, justru dijadikan motivasi agar kita bisa mematahkan stigma negatif terhadap perempuan.

Sebagai buktinya, Nara sempat viral karena mampu membuktikan bahwa ia berdaya saat video tentang ketegasannya dalam menjawab tudingan 6 pemimpin negara Pasifik terkait penindasan HAM di Papua dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat pada 2016 viral di masyarakat.

Setelah paparan sudut pandang dari Nara, Indah Nuria yang merupakan diplomat juga memaparkan kisahnya perjuangannya untuk menjadi diplomat. Terlahir dan menempuh pendidikan di luar Jawa tak lantas membuatnya surut semangat untuk mewujudkan mimpinya sedari kecil, yaitu menjadi seorang diplomat.

“Wanita selalu takut bermimpi tinggi karena terkungkung oleh berbagai aturan. Padahal, kalau kita tidak berani Dream Big, kita tidak akan mencapai bisa mencapai sesuatu yang besar juga. Jadi jangan takut, bermimpilah setinggi-tngginya”, ujar Indah dengan intonasi yang menggebu-gebu.

Ia menegaskan bahwa wanita punya peran sama pentingnya di dunia ini, jadi jangan sampi terbelenggu rasa takut sebelum memulai.

Selesai pemaparan terlihat antusiasme tinggi dari para Dream Warriors yang mengajukan berbagai pertanyaan kepada pemateri selama sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan dokumentasi foto bersama pemateri dan peserta KM Talks 5.0.

Dengan adanya acara ini diharapkan dapat menginspirasi para Dream Warrios wanita agar dapat berkembang dan bermimpi setinggi-tingginya, karena sesungguhnya siapapun bisa jadi apapun di dunia ini. (*)

Related Articles

Back to top button