fbpx
Wisata & Kuliner

Gubernur Bali: Turis Asing Bisa Masuk Bali Juli 2021

SEMARANG, energibangsa.id—Wisatawan mancanegara (Wisman) atau turis asing ditargetkan akan mulai bisa masuk Bali pada Juli 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

Menurutnya Bali akan diprioritaskan mendapat vaksin, dari 4,5 juta penduduk 70%-nya akan divaksin, atau sekitar 3 juta penduduk di Bali.

Setidaknya sampai Juli 2021 sebanyak 2,5 juta warganya sudah divaksin.

Sesuai arahan presiden

“Sehingga arahan Pak Presiden Juli bertahap dan terbatas wisatawan mancanegara bisa mulai. Tahap berikut setelah Juli bisa,” ungkapnya dalam Virtual Press Conference Investment Forum Rethinking and Reinventing Bali Post Covid-19, Jumat, (26/03/2021).

Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan didrop vaksin sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 dan saat ini sudah berjalan lebih dari 300 ribu lebih vaksinasi.

“Kalau ada 1,5 juta penduduk lagi, butuh 3 juta dosis sampai Juli heard immunity 2,8 juta sudah cukup nyaman dikunjungi,” jelasnya.

Dia menyebut dalam satu tahun ini wisata Bali stagnan.

Indonesia melarang warga asing untuk berkunjung, sementara ekonomi Bali 54% bergantung pada pariwisata.

“Wisatawan mancanegara zero, dan perekonomian Bali 54% bergantung dari pariwisata sehingga dampak sangat terasa,” paparnya.

Akibat anjloknya wisatawan dia sebut pertumbuhan ekonomi Bali tahun 2020 triwulan I minus 1,2%, triwulan II minus 11%, triwulan 3 minus 12%, dan triwulan IV minus 12%. (cnbc)

Related Articles

Back to top button