fbpx
Kabar Daerah

Gowes Merdeka, Tingkatkan Imun di Tengah Pandemi

TEMANGGUNG, EnergiBangsa.id – Kegiatan Gowes Merdeka di dataran tinggi Temanggung dengan rute menelusuri Gunung Sindoro-Sumbing, (20/8/2021) digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Acara Gowes tersebut di adakan oleh Santri Gayeng Nusantara dan Himpunan Mutakhorrijin Mutakhorrijat Al-Anwar (Himma).

Tujuan digelarnya untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya berolahraga di tengah pandemi.

Hal itu, Dikatakan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen yang juga ikut bersepeda dengan titik start di Rest Area Kledung Parakan hingga titik finish di Masjid KH. Maimoen Zubair.

“Ini awal untuk menggerakan budaya olahraga di masyarakat, agar masyarakat lebih ngegas (olahraga),” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kepada masyarakat bahwa momen olahraga ini tentu juga ada momen spiritualnya.

“Kita ingin mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga yang ada spritualnya, jadi antara keagamaan itu semua ada hubungannya dengan apapun,” katanya.

Dirinya juga mengaku menikmati olahraga tersebut, selain menyehatkan ia juga mengatakan rute dari Parakan ke Temanggung sangat mudah untuknya.

“Ternyata sepedaan di Temanggung enak, soalnya jalannya banyak turunnya dibanding naiknya. Kecuali dibalik dari Temanggung ke Parakan yang banyak naiknya,” candanya.

Sementara itu, Ketua Santri Gayeng Nusantara Jawa Tengah, Gus Chamzah, mengaku memilih rute tersebut untuk memperlihatkan panorama keindahan Kabupaten Temanggung.

“Kegiatan Gowes Merdeka ini, dalam rangka menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia dan kebetulan pada waktu yang sama juga ada masjid KH Maimoen Zubair (titik finish),” katanya.

Dengan digelarnya kegiatan Gowes Merdeka itu, diharapkan dapat meningkatkan imun para peserta gowes agar mampu bertahan di tengah pandemi.

“Dalam rangka gowes merdeka meningkatkan imun di tengah pandemi ini seperti ini kita ingin tetap semangat, mudah-mudahan pandemi di bumi ini cepat berakhir sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa,” ucapnya.

Sementara itu, ketua umum Himma, Gus Ghofur mengatakan, ia berterima kasih kepada masyarakat dan tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya berterima kasih dengan masyarakat dan kawan-kawan juga para pejabat yang mengikuti kegiatan gowes ini,” ungkapnya.

Salah satu peserta gowes merdeka, Ruswan, mengatakan ia senang dengan mengikuti kegiatan itu karena dirinya berkesempatan bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

“Saya senang bisa bertemu dengan pak Wagub, dan semoga acara seperti ini bisa diadakan tiap tahun atau mungkin bisa diteruskan kegiatan seperti ini,” tutupnya.

Related Articles

Back to top button