fbpx
Ekonomi & Bisnis

Google Akan Beri Bantuan Rp1 Triliun untuk Pelaku UMKM, Kamu Bisa Dapat?

SEMARANG, energibangsa.id—Detikcom edisi Rabu (17/2/2021) merilis, Google bakal mengucurkan dana sebesar US$ 75 juta atau sekitar Rp1 triliun (kurs Rp 14.060/US$) untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sayang, ternyata bantuan itu bukan untuk pelaku UMKM di indonesia. Bantuan itu akan disalurkan di benua Eropa, Asia, dan Amerika Latin.

Dalam artiklenya, detikcom menulis bahwa bantuan tersebut merupakan urunan tangan bagi para pengusaha kecil yang telah terdampak pandemi Covid-19.

Patungan dengan EIF dan organisasi lain

Dengan bekerja sama dengan European Investment Fund (EIF) dan dua organisasi lain di Amerika Latin dan Asia, Google akan memberikan dana tersebut kepada UMKM.

Dilansir dari Reuters, Rabu (17/2/2021), dana tersebut merupakan bagian dari inisiatif perusahaan senilai US$ 800 juta atau setara Rp11,24 triliun yang diumumkan pada Maret 2020 sebagai tanggapan Google terhadap pandemi.

Bantuan sebesar US$ 75 juta itu akan dibagikan untuk EIF yakni senilai US$ 15 juta atau setara Rp210 miliar sebagai modal pinjaman kepada 1.000 pelaku UMKM di Eropa.

Lalu, senilai US$ 10 juta atau setara Rp140 miliar dalam bentuk modal ventura EIF yang mendukung 200 perusahaan kecil yang bergerak di ilmu keanekaragaman hayati.

Google juga akan memberikan US$ 8 juta atau sekitar Rp112 miliar untuk pelaku UMKM di Amerika Latin.

Lewat Kiva

Sedangkan bantuan dalam bentuk dana pinjaman sebesar US$ 26 juta atau setara Rp365 miliar akan diberikan untuk mendanai bisnis kecil melalui Kiva, organisasi yang memberikan crowdfunding.

Bantuan pinjaman itu akan disalurkan di Afrika, Timur Tengah, dan India. Artinya, tak disebutkan Indonesia, kan, ya?

Nah, sisanya yakni senilai US$ 15 juta atau setara Rp210 miliar akan dikucurkan ke perusahaan-perusahaan kecil di India. (*)

Related Articles

Back to top button