fbpx
Gaya Hidup

Gimana Sih Cara Tagih Hutang ke Teman, Simak Sini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Menghadapi teman yang meminjam uang memang tidak mudah, terutama di masa pandemi begini. Apalagi saat menagihnya, di satu sisi, kita juga membutuhkan uang itu, di sisi lain dia tak kunjung mengembalikan uang yang dipinjam.

Bahkan terkadang saat kita sudah memintanya baik-baik tapi si peminjam justru lebih galak dan lebih keras. Utang ini bisa menjadi sumber masalah juga apabila tidak terselesaikan secara baik-baik. Apalagi berkaitan dengan persahabatan, aduh, bisa-bisa memutus tali silaturahmi karena si utang ini.

Oiya, pernah dengar istilah hutang dibawa mati? Ih serem juga ya kalau saat meninggal masih ada tanggungan hutang ke orang lain. Maka dari itu, kita harus juga mencatat utang-utang dan segera melunasinya tepat waktu.

Kamu sering jadi tempat utang teman-temanmu dan tidak enak saat menagihnya? Lalu bagaimana cara menagihnya agar sama-sama enak? Mau marah-marah kan nggak enak, toh dia ini teman kita. Tapi kalo nggak ditagih, kok nggak dibayar-bayar?

Tenang Sobat Energi! Coba yuk simak cara menagih hutang dibawah ini supaya hubunganmu tetap terjaga dan uangmu kembali!

1. Singgung soal tenggat waktu

Menentukan tenggat waktu sejak awal peminjaman menjadi cara yang bagus loh, terutama jika ada bukti tertulisnya jika diperlukan bisa ditambah dengan materai. Karena artinya ada kejelasan bukti tertulis yang tidak akan merugikan kedua belah pihak.

Jika sudah mengatur tenggat waktu, jangan lupa juga untuk mengingatkan dengan bahasa yang baik, terutama apabila temanmu ini si pelupa, wajib banget kamu ingatkan.

2. Coba untuk meminta ‘dijajankan’ saat pergi bersama

Menyinggung saat pergi bersama juga menjadi salah satu cara untuk menagih. Minta dia untuk membayar makanan atau belanjaan mu saat pergi bersama, karena uangmu kan ada di dia.

Dengan begitu, secara tidak langsung lama kelamaan dia akan segera melunasi hutangnya.

3. Bantuan pihak ketiga

Ketika mungkin kamu merasa malu dan segan untuk menagih hutang pada teman, coba minta bantuan orang ketiga, yaitu temanmu yang lain. Minta dia untuk mengingatkan bahwa temanmu itu masih memiliki utang yang belum dilunasi pada mu.

Jika dengan skala utang yang lebih besar kamu juga bisa memanfaatkan jasa depkolektor.

4. Datang ke keluarganya

Teman mu tipikal yang mangkir terus kalau sudah bahas tentang hutang? Langsung saja datangi keluarga nya. Jelaskan bahwa anggota keluarga mereka memiliki utang kepada mu sebesar sekian uang.

Sudah pasti keluarganya akan melunasi atau membantu mencarikan jalan keluarnya.

Masalah hutang ini memang tidak ada habisnya ya Sobat Energi. Ayoo ingat-ingat kamu masih punya hutang ke siapa aja nih? Atau justru kamu nih yang sering jadi tempat utang nya teman-teman mu? Semoga tips diatas membantu kamu untuk menagih utang ya Sobat Energi! (Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button