fbpx
Kabar Daerah

Generasi Millenial Jadi Tumpuan, Kesbangpol Serukan Partisipasi Politik Dalam Pilkada 2020

SEMARANG, Energibangsa.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi (Kesbangpol) Jawa Tengah baru saja menggelar kegiatan pembinaan sosial politik yang dikemas dalam bentuk  talkshow bersama generasi millennial pada Sabtu (28/11).

Bertajuk Ngobrol Kebangsaan ala Gen Z, bertempat pada Hotel C3 Ungaran, dan dihadiri oleh 40 orang yang telah terpilih sebelumnya melalui proses seleksi.

Forum diskusi ini juga mendatangkan beberapa narasumber yang ahli di bidang nya, diantaranya Masrohatun, M,Si sebagai dosen FISIP UIN Walisongo, Yanuaar Aris Budiarto, S.IP sebagai CEO Energibangsa.id dan Firdaus Adi Nugroho, S.H sebagai Pegiat Media Sosial.

Acara ini juga dihadiri pula oleh Plh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Sulistyo SH. M.Sos. Acara ini berfokuskan seputar peran millennial tentang bagaimana mereka berpartisipasi dalam kegiatan sosial politik di era sekarang.

Masrohatun, M,Si menyampaikan bahwa peran millennial pada pilkada tahun 2020 ini memegang andil yang cukup signifikan. Beliau memperkirakan sekitar 37 persen penduduk Indonesia yang akan ikut serta dalam pilkada nantinya adalah para millennial.

Dengan jumlah yang sebanyak itu, generasi millennial menjadi tumpuan karena mayoritasnya yang telah melek akan teknologi informasi. Tantangan tersendiri yang harus dihadapi saat ini adalah rasa apatis anak-anak muda dalam ikut berdemokrasi.

Maka dari itu Kesbangpol sebagai fasilitator berusaha mengembangkan rasa cinta tanah air demi mendorong peningkatan partisipasi keterlibatan generasi millennial dalam kegiatan politik, mulai dari keikutsertaan mereka dalam Pilkada tahun 2020.

Sebagai bentuk usaha menjaga stabilitas dan keamanan negara agar tetap kondusif tanpa mengangkat senjata, Kesbangpol berharap Pilkada tahun 2020 sebagai pesta demokrasi yang berbudaya, adil, dan tentunya aman. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button