Gaya Hidup

Geli! Netizen: Benarkah “Dji Sam Soe”, Rokoknya Orang NU?

0

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Netizen maupun citizen Indonesia memang cerdik. Ada-ada saja hal yang dilakukan hingga membuat orang tergelitik. Sebut saja salah satu produk rokok “Djie Sam Soe” keluaran PT Hanjaya Sampoerna Tbk Surabaya.

Gambar bungkus rokok merk Die Sam Soe

Baca juga: Simak, Ini Wisata di Badung Bali yang Lolos Sertifikasi

Publik tanah air bahkan mengaitkan tampilan bungkus rokok merk “Djie Sam Soe” tersebut dengan organisasi massa (ormas) Islam Nahdlatul Ulama. Sungguh kreatif, ya!

Gambar bintang yang berjumlah 9

Gambar bintang 9 buah pada rokok “Djie Sam Soe” dinilai NU banget. Bintang 9 buah mirip pada lambang NU yang melambangkan Rasulullah SAW, empat orang sahabatnya serta empat mazhab Ahlussunnah Wal Jamaah antara lain: Imam Maliki, Imam Syafii, Imam Hanafi dan Imam Hambali.

Tulisan (angka) “234”

Pada bungkus rokok “Djie Sam Soe” juga diberikan makna, masing-masing:

  • Angka 2 yang berarti 2 rekaat pada shalat Subuh
  • Angka 3 yang berarti 3 rekaat pada shalat Maghrib
  • Angka 4 yang dikorelasikan dengan 4 rekaat pada shalat Isya, Dluhur dan Ashar.

Tulisan Fatsal-5

Oleh netizen, tulisan “Fatsal-5” diartikan bahwa jumlah shalat yang didirikan selama 5 waktu. Fatsal sendiri mengandung pesan “Fatal dan Salah apabila jumlah shalatnya kurang dari 5 waktu” yang ditandai dengan tanda minus (-).

Baca juga: Viral! Orang Jawa Lahirkan Anak Bule di Wonogiri

Konten sampul rokok Dhie Sam Soe yang diviralkan oleh netizen. (Dok: istimewa)

Arti Tulisan “Djie Sam Soe”

Soal tulisan ini lebih kece lagi, sob! Nama merk “Djie Sam Soe”, bahkan dianggap sebuah singkatan yakni kata “Djie” yang berarti ngaji, kata “Sam” yang berarti sama serta kata “Soe” yang artinya Soelat (Shalat). Sehingga dibentuk kalimat menjadi “Ngaji sama Soelat (Shalat).

Tulisan PT. H.M. Sampoerna

Tulisan PT. H.M Sampoerna sebagaimana dalam bungkus rokok merk “Djie Sam Soe” diyakini baahwa pemilik awal perusahaan itu adalah Haji Muhammad Samperna (nama orang-red). Dengan begitu ditulislah PT.H.M Samperna.

Huruf Jawa dan Arab

Pada bungkus rokok “Djie Sam Soe” juga terdapat huruf atau aksara Jawa (kuno) dan juga tulisan Arab. Itu menandakan bahwa rokok “Djie Sam Soe” dibuat oleh orang Jawa (Islam), yakni orang Islam yang tidak meninggalkan ‘rasa’ Jawa.

Begitulah kreativitas ala netizen maupun citizen Indonesia. Kebenaran datanya tanpa didasari pengkajian serta penelitian mendalam. Semua hanyalah kebetulan dan disajikan dalam bentuk narasi  santai, guyon dan “nggato-loco” (*).

baca juga: Kisah Hantu Wewe Gombel yang Populer di Semarang

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Sibuk, Bang Saleh Tetap Dorong Percepatan Digitalisasi BUMDes

Previous article

Iklankan Produkmu di Sini! Bayar Sekali, Promo Seumur Hidup

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Gaya Hidup