fbpx
Kabar Daerah

Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka, SMPN 2 Tengaran Semarang Dapat Sorotan

SEMARANG, energibangsa.id – Menjadi viral karena menggelar pembelajaran tatap muka di tengah PPKM SMP Negeri 2 Tengaran, Kabupaten Semarang tak ragu untuk menggelarnya.

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa (26/01/2021) ini, disinyalir melanggar aturan PPKM yang masih diperpanjang hingga 8 Februari dari yang tadinya hanya sampai 25 Januari.

Pihaknya berdalih simulasi PTM di tengah PPKM Jateng itu digelar sebagai persiapan bagi siswa, khususnya kelas IX menghadapi ujian kelulusan nasional.

Kepala SMP Negeri 2 Tengaran, Waluyo, mengklaim telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat selama pembelajaran tatap muka berlangsung.

Dengan membatasi siswa yang hadir per kelas hanya maksimal menampung 16 orang dari total kapasitas 32 orang.

“Selain itu kita tidak menerapkan ada waktu istirahat. Siswa masuk pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB,”  ujarnya.

Pelaksanaan simulasi PTM di SMP Negeri 2 Tengaran ini pun telah mendapat izin dari Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten Semarang.

Melansir dari Solopos.com, Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang, Sukatno Purtomo Priyatmo, turut hadir menyaksikan pelaksanaan simulasi PTM tersebut. Menurutnya, PTM tersebut digelar dengan maksud memberikan hak terhadap anak untuk mendapat pendidikan.

“Kita ada lima metode pembelajaran selama pandemi, yakni luring, daring, tatap muka, kunjungan ke siswa, dan melalui media radio,” jelasnya.

Sukanto mengungkapkan dengan adanya pembelajaran tatap muka maka siswa akan terfasilitasi untuk pendidikan akademi dan karakter. “Tujuannya agar siswa setelah menjalani ujian, saat PPDB ke jenjang selanjutnya bisa maksimal,” paparnya.

Sukatno mengatakan saat ini sudah ada 102 SMP dan 455 SD yang mengajukan izin menggelar pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19. Permohonan izin itu pun sudah dikoordinasikan dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Semarang.

“Sekolah-sekolah itu sudah siap menjalankan tatap muka. Alat kesehatan juga sudah tersedia sesuai SKB 4 menteri,” katanya. (Ozan/EB)

Related Articles

Back to top button