fbpx
Lewat ke baris perkakas
Nasional

Gelar Program Magang, Kemenkop UKM Ingin Ciptakan Generasi Wirausaha Baru

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Salah satu upaya yang dilakukan untuk menghasilkan bibit-bibit wirausahawan adalah dengan diadakannya program magang. Hal ini diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM yang menggelar program magang untuk menciptakan wirausaha baru dari kalangan pelajar dan pemuda.

Arif Rahman Hakim yang menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan jika program magang yang dilakukan ini menjadi salah satu bentuk memberikan kontribusi dalam usaha dan membantu untuk meningkatkan semangat berwirausaha di kalangan masyarakat, khususnya di kalangan anak muda.

“Program magang ini dilakukan untuk membantu memunculkan wirausaha baru dari kalangan pemuda dan pelajar,” ujarnya.

Ilustrasi membuat kerajinan tangan

Dalam acara Pembukaan “Peran Serta Dunia Usaha Dalam Kegiatan Magang Bagi Pemuda” yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Arif juga menuturkan jika dengan program ini juga menjadi salah satu langkah yang diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Dari program magang ini, Kemenkop UKM ingin memotivasi berkembangnya para wirausaha baru yang dapat turut serta memobilisasi ekonomi masyarakat.

Arif memfokuskan pada perkembangan wirausaha baru itu membutuhkan proses-proses secara berkala. Dibutuhkan adanya perubahan pola pikir dari generasi muda, peningkatan motivasi untuk berwirausaha, minat, semangat, dan cara untuk memulai berwirausaha.

Dalam kegiatan program magang tersebut, para pemuda nantinya akan ditempatkan dan juga belajar secara langsung dari para pelaku usaha dengan periode waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Para peserta nantinya akan diberikan pemahaman mengenai hal-hal yang terjadi di dunia kerja dan dunia usaha dengan cara bekerja paruh waktu.

Selain itu para peserta juga nantinya mendapatkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari bidang tertentu. Hal ini guna para peserta memiliki daya saing untuk menjadi pekerja profesional maupun wirausahawan di masa depan.

“Program magang ini difokuskan untuk pelajar lulusan SMA/sederajat, mahasiswa, lulusan perguruan tinggi, dan masyarakat pelaku UKM yang berusia maksimal 40 tahun,” jelas Arif.

Arif juga berharap dari adanya program magang ini juga bisa memberikan manfaat bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil di tempat magang. Jadi manfaat dari adanya program ini bisa dirasakan oleh kedua belah pihak.

[Tata/EB].

Related Articles

Back to top button