Ketua DPD KNPI Jateng (berkaca mata) bersalaman komando dengan Ketua DPD KNPI Kota Semarang setelah menerima potongan tumpeng (Foto: Ahmad Rifki Hidayat/Energi Bangsa)
Ketua DPD KNPI Jateng (berkaca mata) bersalaman komando dengan Ketua DPD KNPI Kota Semarang setelah menerima potongan tumpeng (Foto: Ahmad Rifki Hidayat/Energi Bangsa)
BudayaMusic

Gelar Konser Budaya, Pemuda Diimbau Jaga Kerukunan

0

ENERGIBANGSA.ID – Kebudayaan merupakan tonggaknya sebuah negara. Sehingga setiap negara harus terus berjuang melestarikan keluhuran budayanya sebagai sebuah entitas bangsa. Merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-46 Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang menggelar konser budaya di depan gedung Ouedetrap Kawasan Kota Lama Semarang, Selasa (30/7/2019) malam.

Bertajuk Meneguhkan Peran Pemuda Sebagai Pewaris Budaya, hadirin disuguhi dengan penampilan beberapa kesenian, baik tradisional maupun modern, diantaranya terdapat tari merak, wayang wong, musik keroncong, tribut Iwan Fals dan lain-lain.

Kepala Bidang Pengembangan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang Junaidi menyambut baik gelaran tersebut. Pada para pemuda, ia mengimbau, KNPI sebagai tempat berhimpunnya berbagai unsur organisasi kepemudaan Kota Semarang agar bergerak dalam menjaga kerukunan. “Tujuannya mengajak generasi muda untuk berperan aktif menjaga kerukunan dan kebinekaan bangsa,” lugasnya.

Junaidi melanjutkan, kerukunan yang dibina dengan baik berfungsi untuk membangun pemuda agar dapat mendidik generasi muda menjadi lebih beretika, memilihara sikap dan berwawasan kebangsaan dalam keragaman membangun pembangunan nasional.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPD KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardono juga memberikan apresiasi terhadap pemuda dan Pemerintah Kota Semarang. Sebab, menurutnya, KNPI Kota Semarang sudah menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa dan menjadi teladan bagi masyarakat.

“Tidak jauh-jauh Wali Kota kita sendiri yakni Hendrar Prihadi salah satu kader KNPI Kota Semarang kemudian Kemendagri Tjahyo Kumolo dan lainnya,” tegasnya.

Oleh karena itu, Tino berharap prestasi KNPI Semarang harus terus dijaga. “Pemuda hari ini adalah pemimpin di masa depan. Jadi berproseslah dengan baik, sehingga nanti kalau jadi pemimpin juga baik dan jadi panutan masyarakat,” pesannya.

Wali Kota Semarang yang berhalangan hadir memberikan apresiasi atas kinerja pemuda dalam membantu program Pemerintah Kota Semarang yang diucapkan oleh Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang Jarot Murdiyanto, bahwa Kota Semarang mendapat predikat sebagai kota layak pemuda.

“Kemarin kami dijadikan sebagai percontohan kota di seluruh Indonesia. Mereka kagum bahwa kita layak menjadi Kota Pemuda,” ujarnya.

Lebih lanjut Jarot juga mengucapkan banyak terima, peran pemuda yang begitu aktif membantu program-progam pemerintah Kota Semarang. Seperti mendirikan posko pemudik, pawai dugderan, dialog keagamaan dan doa kebangsaan dan lainnya. “Kami rasa tema ini sangat tepat melihat kondisi bangsa ini sudah mulai terkikis kecintaan terhadap kebudayaan,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPD KNPI Kota Semarang Choirul Awaludin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan tersebut. Ia mengaku, kegiatan ulang tahun yang dikemas dengan konser budaya mampu menggugah para pemuda dalam meneguhkan dan melestarikan budaya di era perkembangan teknologi. “Kita contohkan bahwa, munculkan NKRI yaitu karena terdapat sebuah budaya di negara kita,” tegasnya.

Lebih lanjut Awaludin berpesan, usia 46 merupakan usia dewasa, tidak remaja lagi dan tidak tua. Makanya dalam hal apapun sebagai generasi muda harus menjadi orang-orang dewasa dalam hal apapun. “Termasuk dalam hal politik dan bersikap dalam keseharian di lingkungan bermasyarakat,” harapnya.

Menurutnya, kegiatan harlah termasuk bagian dari merawat kekompakan pemuda dalam menjaga budaya. Baik dari sisi menjaga cagar budaya Kota Lama Semarang maupun budaya gotong-royong. “Secara pribadi saya berharap kedepan KNPI lebih maju dan pemuda di Kota Semarang lebih hebat,” pungkasnya.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Dari Minimalist Menuju Manfaat Tak Pernah Habis

Previous article

Beri Perhatian Khusus, Ini Pesan Risma Ke pelaku Startup

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in Budaya