fbpx
Kabar Daerah

Ganjar Kunjungi Rumah Eks Napiter, Ternyata Ini Yang Dilakukan

SEMARANG, energibangsa.id – Mantan narapidana terorisme, Machmudi Hariono alias Yusuf nampak sibuk menyiapkan tempat di rumahnya karena mendengar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan singgah ke rumahnya.

Tepat pukul 07.15 WIB Ganjar tiba di lokasi itu. Sambil gowes pagi, Ganjar menyempatkan mampir ke kediaman Yusuf yang juga Ketua Yayasan Persadani, yayasan yang menaungi eks napiter di Jawa Tengah.

Di tempat tersebut, Ganjar langusung mengobrol bersama Yusuf terkait proses reintegrasi sosial yang dilakukannya.

Dilansir dari wartajateng.id, Kamis (04/03/2021), Mantan anak buah Noordin M Top mengatakan bahwa ternak lele adalah cara untuk memuluskan proses reintegrasi sosial itu.

Dengan cara itu, Yusuf dan beberapa rekan eks napiter di Semarang bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat.

Reintegrasi sosial dengan ternak lele

Yusuf yang ditangkap karena menyembunyikan bahan peledak hampir 1 ton itu mengatakan, proses reintegrasi sosial dengan cara ternak lele ternyata efektif.

Dengan cara ini, ia bisa diterima masyarakat dan bahkan banyak yang menjadikannya sebagai rujukan setiap ada kejadian terorisme.

“Saya juga selalu mengingatkan agar masyarakat tidak terpengaruh pada ajakan-ajakan yang bersifat radikalisme dan terorisme,” jelasnya.

Tidak jarang masyarakat bertanya tentang pengalamannya dalam bagian gerakan terorisme. Melalui obrolan santai, ia menjelaskan dengan pelan dan narasi yang mudah diterima masyarakat.

Ia meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan penyebaran paham radikal dan terorisme itu. Karena pengaruh paham tersebut sekarang sangat mudah disebarkan melalui medsos.

Ganjar apresiasi Yusuf

Ganjar mengacungi jempol langkah reintegrasi sosial yang dilakukan Yusuf dan eks napiter lain di Jawa Tengah. Menurutnya, mereka bisa menjadi rujukan di tempatnya masing-masing.

“Ini keren ya, apalagi caranya bagus, ada kreatifitas yang dibangun. Di Genuk ada ternak lele, di sini juga sama, di Solo ada warung soto. Dengan cara-cara itu, maka penerimaan masyarakat akan jadi baik,” ucapnya. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button