fbpx
Kabar Daerah

Ganjar Instruksikan, Isolasi Terpusat Tiap Kota untuk Para Pemudik di Jawa Tengah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberi instruksi kepada seluruh bupati/wali kota di Jawa Tengah untuk mempersiapkan area isolasi terpusat untuk pemudik. Ganjar mengatakan, area isolasi tidak perlu berlokasi di hutan, rumah angker, atau benteng seperti mudik Lebaran tahun sebelumnya.

“Oh enggak (tidak harus di hutan, tempat tinggal kosong, atau gedung) sekarang kan ada PPKM mikro, karena sudah mikro sekarang sanggup diletakkan di RT, di RW atau di desa. Kalau soal tempat di mana-mana bisa. Tapi yang jelas tempat harus menyiapkan,” ujar Ganjar di kantornya di Semarang.


Ganjar optimistis mudik Lebaran kali ini tidak dapat menambah lonjakan persoalan COVID-19. Sebab, Jateng sudah mempunyai pengalaman terhadap mudik Lebaran tahun lalu.


“Sebenarnya kami mempunyai pengalaman kok pas mudik dulu, andaikata perumpamaan yang pernah progresif banget itu Bupati Banyumas, tungguin sendiri yang masuk, pendekatannya bagus,” jelas dia.

Selain itu, pihaknya terhitung dapat melakukan random sampling test COVID-19 bagi para pemudik yang nekat melanggar keputusan pemerintah.
“Kami terhitung dapat menyiapkan titik dan testing, jikalau polisi tentu sudah pengalaman tinggal nunggu keputusan berasal dari Kemenhub dan Kapolri, biar kami siapkan titiknya,” kata Ganjar.

Disinggung apakah Jateng terhitung dapat mengambil keputusan, mengizinkan mereka yang terpaksa mudik karena ada kepentingan bersama dengan berbekal surat izin berasal dari desa atau kelurahan, Ganjar mengaku belum terpikirkan. “Belum ada jikalau soal itu (surat izin),”. Sementara pemerintah pusat melarang mudik Lebaran 2021 dan efisien berlaku 6 Mei sampai 17 Mei.

Related Articles

Back to top button