fbpx
Daerah

Ganjar Bakal Kasih Duit Orang yang Pakai Masker? Simak Selengkapnya

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan, Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah menyatakan adanya wacana dalam memberikan penghargaan bagi mereka yang mentaati protokol kesehatan.

Hal tersebut karena selama ini yang diberikan penghargaan hanya mereka yang tidak mematuhi protokol kesehatan dan dinilai kurang efektif. Ia pun mengakui mendapat masukan dari para ahli hukum.

“Kemarin ada yang menyampaikan, daripada dihukum karena nggak pakai masker, dibalik, yang pakai masker dikasih duit, gimana? Pasti orang pakai masker,” kata Ganjar

Baginya, hal ini menjadi penanganan yang sifatnya positif dari yang bersifat negatif pada warga masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

Ganjar mengatakan, sejumlah psikolog juga menyampaikan kepadanya agar warga yang melanggar tak melulu dihukum. Namun mulai dibicarakan soal contoh yang baik atau narasi yang baik.

Selama ini mekanisme sanksi masih dijatuhkan pada pelanggaran protokol kesehatan dari mulai denda, sanksi sosial atau sanksi kerja sosial. Namun pelanggaran masih terus terjadi.

Ganjar mencontohkan pelanggaran yang justru dilakukan tokoh publik sendiri yakni Wakil Ketua DPRD Tegal Wasmad Edi Susilo yang menggelar konser dangdut.

Menurutnya peristiwa itu sebagai hal yang kebangetan. Ia mengatakan bahwa pejabat itu menunjukkan ‘kengeyelan’ yang didalamnya akan mengganggu politik kesehatan masyarakat sehingga berdampak pada perekonomian nantinya.

Oleh sebab itu, kata dia, bukan hanya pemerintah yang perlu mencari solusi untuk menindak oknum-oknum yang nekat melanggar protokol kesehatan selama pandemi. (dhanti/EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button